Tanpa Marquez, Semua Pebalap Berpeluang Juarai MotoGP 2020
MotoGP (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Honda sepertinya mustahil mengulangi kesuksesan mereka bersama Marc Marquez. Sang juara bertahan harus menjalani pemulihan cedera tulang humerus untuk dua atau tiga bulan ke depan.

Tahun 2020 diprediksi bakal muncul juara dunia baru. Di antaranya, Yamaha dan Ducati yang dalam beberapa tahun terakhir selalu berada di bawah bayang-bayang supremasi Honda.

Lalu, siapa juga yang menyangka tim satelit KTM Tech 3 bakal menjadi headline berkat kecerdikan Miguel Oliveira, yang menunggu Jack Miller dan Pol Espargaro membuat kesalahan di tikungan terakhir jelang finis di sirkuit Red Bull Ring, Austria, akhir pekan lalu. Ia sukses mengklaim kemenangan perdana bagi di kelas premier.

Baru berjalan lima seri, MotoGP telah memunculkan empat juara yang berbeda dan 11 pebalap berbeda yang telah naik podium. Ini tentu saja menarik!

Mengemas 70 poin, posisi Fabio Quartararo di puncak klasemen kini terancam oleh Andrea Dovizioso yang terpaut hanya tiga poin, dan Jack Miller yang berada di posisi ketiga dengan selisih 14 poin.

Sementara itu, Brad Binder di peringkat empat, berjarak 21 poin dari Quartararo. Namun, selisih poin antara Binder di P4 dan Oliveira di P9 hanya enam poin. Rookie dan pebalap tahun kedua KTM itu memiliki peluang untuk perebutan gelar tahun ini.

Adapun Espargaro memiliki 35 poin di peringkat ke-10. Pebalap Spanyol itu juga salah satu penantang utama di 2020. Tanpa terjatuh di GP Ceko dan Austria, siapa yang bisa mengira posisi Espargaro di klasemen saat ini?

Intinya, enam tim teratas di klasemen hanya dipisahkan oleh 33 poin sedangkan Yamaha hanya berjarak satu poin dari Ducati dan unggul enam poin dari KTM di tiga besar klasemen konstruktor. Kekuatan cukup merata lantaran belum terlihat siapa yang dominan.

Sembilan balapan masih tersisa musim ini hingga 22 November nanti dengan seri penutup yang digelar di Portugal. Kira-kira siapa juara dunia baru itu, ya?