Klopp Soroti Kinerja Wasit Usai Liverpool Ditahan Imbang Tottenham
Jurgen Klopp dan Andy Robertson (Twitter @LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool hanya pulang dengan satu poin usai bertamu ke markas Tottenham Hotspurs di pekan ke-18 Liga Inggris 2021/2022. Pasca laga imbang yang digelar Minggu, 18 Desember di Stadion Selhurst Park itu, Jurgen Klopp menyoroti kinerja wasit yang bertugas.

Pelatih Liverpool itu menganggap keputusan wasit banyak yang merugikan timnya. Hal pertama yang jadi sorotan Klopp adalah soal pelanggaran yang dilakukan Hary Kane.

Saat itu, Kane terlihat melakukan tekel keras kepada Andy Robertson yang malah dianggap wasit bukan pelanggaran keras, sehingga ia hanya memberikan kartu kuning sebagai peringatan untuk Kane. Sementara, pelanggaran Robertson kepada Emerson Royal justru berujung kartu merah.

"Iya tentu saja. Anda bisa memberi Robbo (Robertson) kartu merah. Ini bukan percobaan (tekel) yang paling cerdas tapi itu jelas kartu merah. Tidak diragukan lagi. Kakinya ada di udara, itu murni kebetulan. Harry tidak bisa menilainya. Jika kaki Robbo di tanah, itu bisa patah,” kata Klopp dengan kesal seperti dikutip dari BBC.

Bukan cuma itu, juru taktik asal Jerman ini juga mempertanyakan kinerja buruk Video Assistant Referee (VAR). Menurutnya, teknologi itu sama sekali tidak berguna jika tidak digunakan dengan baik.

"Kami memiliki VAR di sana dan dia (wasit) berpikir untuk melihat kembali Robertson lagi. Baik untuk itulah dia ada di sana. Tapi apa yang dia lakukan dalam situasi itu?” ucap Klopp.

Hal lain yang kembali di kritik Klopp adalah soal keputusan wasit yang tak memberikan The Reds penalti setelah Diogo Jota dilanggar di kotak terlarang. Sebaliknya, pemain asal Portugal itu justru dianggap melakukan diving.

Terlepas dari kritik pedas Klopp pada kinerja wasit di laga ini, satu poin yang dikantongi Liverpool membuat The Reds gagal menempel Manchester City yang berada di puncak klasemen. Pasalnya, saat ini Liverpool justru tertinggal tiga poin dari tim asuhan Pep Guardiola itu.