Demi Bisa Tampil di Timnas, PSSI Kebut Naturalisasi Empat Nama Pemain Eropa
Timnas Indnesia (Foto: dokumentasi PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Langkah serius tengah diusahakan PSSI untuk mempercepat proses naturalisasi beberapa nama pemain eropa.  Hal itu lakukan PSSI agar pemain tersebut bisa segera merapat dan memperkuat Timnas di kualifikasi Piala Dunia 2023.

Keempat nama pemain eropa yang proses naturalisasinya tengah di upayakan PSSI adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers serta Kevin Diks.

Jika proses naturalisasi bisa diupayakan secepat mungkin, para pemain eropa ini diharapkan bergabung untuk membela Timnas Indonesia pada Februari 2022 mendatang.

“Jadi prosesnya memang akan dilalui panjang sampai nanti disetujui oleh DPR. Jalannya proses itu kan bisa tak terduga. Tapi harapan kami cepat,” ungkap anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Minggu, 28 November.

“Target kami, mereka bisa membela timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2023. Kalau proses ini cepat selesai, paling tidak Januari-Februari bisa beres,” lanjutnya.

Dari empat nama yang tengah diupayakan itu, PSSI telah mengkonfirmasi bahwa tiga diantaranya tah menyatakan bersedia Sementara satu nama yaitu, Kevin Diks masih terus dinegosiasi oleh PSSI.

Meski bergerak cepat, PSSI akan memeriksa detail dokumen keempat pemain yang dimaksud. Hal itu untuk memastikan apakah benar mereka memiliki darah keturunan Indonesia.

Sebab PSSI tidak mau kejadian Marc Klok terulang. Pasalnya, Marc Klok yang sudah sah menjadi WNI ternyata belum bisa membela Timnas Indonesia karena dia tidak bisa menunjukkan dokumen dirinya memiliki darah keturunan Indonesia.