Ingin Tampil Lagi di ONE Championship, Paul Lumihi Berguru ke Bali 
Paul Lumihi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Paul Lumihi kembali mengincar tampil di kejuaraan tarung bebas ONE Championship. Untuk itu, petarung yang biasa turun di kelas bantamweight ini berguru alias mengasah kemampuan ke sasana Soma Fight Club di Bali.

"Saya berlatih di Soma untuk meningkatkan kemampuan saya. Saya sudah lama tidak bergabung dan latihan dalam sebuah training camp. Biasanya setelah bertanding di ONE Championship beberapa kali, saya latihan sendiri,” kata Paul Lumihi melatih Antara, Senin, 15 November.

Dalam dua pekan awal latihan di Soma, kata dia, fokus penyesuaian secara fisik terlebih dahulu. Selanjutnya baru menjalankan program yang telah ditetapkan jajaran pelatih yang selama ini sudah punya nama di ajang MMA.

Soma Fight Club dikepalai oleh beberapa petarung MMA paling aktif di Asia. Klub ini dibina oleh mantan pelatih striking dari Bali MMA yakni Mike Ikelei dan mantan petarung ONE Championship Gianni Subba.

“Saya pilih Soma karena ini adalah camp baru dan saya mau berlatih dengan mantan petarung di ONE ini. Gianni akan fokus melatih saya soal akurasi. Pada saat saya latihan dengan Gianni saya mendapatkan beberapa poin penting dalam menyerang, bertarung di bawah, serta kondisi kekuatan. Di situ juga saya bertemu dengan Mike Ikelei, sang pelatih striking,” kata mantan jawara One Pride itu.

Paul Lumihi juga mendapatkan materi grappling-nya pada saat berlatih bersama petarung sabuk hitam Brazilian Jiu Jitsu (BJJ), Frank Marques. Paul juga menyebutkan pernah berlatih bersama petarung ONE Super Series, Brown Pinas.

“Saya merasakan elemen kompetitif yang sangat besar sekali pada saat latihan dengan petarung asing. Mereka latihan sangat keras, setiap gerakan harus dalam kemampuan yang sangat maksimum. Sebagai mantan juara di Indonesia, saya memiliki kewajiban moral untuk menaikkan kembali nama saya, jadi saya mengambil latihan kali ini dengan sangat serius sekali.” kata Paul menjelaskan.

Petarung yang berjuluk "The Great King" ini memang sedang berlatih serius untuk persiapan laga dia berikutnya dalam waktu dekat meski belum disebutkan siapa lawannya nanti.

Paul Lumihi mengaku tidak sabar dan cukup percaya diri untuk unjuk kemampuan di ONE Championship. Apalagi saat ini ditopang oleh sasana dan pelatih baru yang kenyang pengalaman.