Sunoto Kembali Tarung di ONE Championship Usai Absen 2 Tahun, Siap Hadapi Lawan Asal Myanmar
Petarung Indonesia Sunoto (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Petarung Indonesia, Sunoto, akan kembali ke panggung olahraga seni bela diri campuran (MMA) setelah absen dua tahun tahun. Atlet 36 tahun tersebut dijadwalkan bertarung bulan depan.

Sunoto dipastikan bakal tampil pada MMA internasional ONE Championship bertajuk ONE: BAD BLOOD melawan petarung Myanmar, Tial Thang. Duel keduanya akan berlangsung di Singapore Indoor Stadium pada Jumat, 11 Februari 2022.

Mengutip Antara, pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu akan melawan Thang dalam laga divisi bantamweight. Ini akan menjadi laga pertaruhan bagi kariernya setelah terakhir berlaga di Jakarta pada Februari 2020.

Duel antara Thang dan The Terminator sempat dijadwalkan pada pertengahan tahun lalu. Namun, urung digelar karena pandemi COVID-19.

Kedua atlet saat ini sama-sama membutuhkan kemenangan demi merangsek ke papan atas di kelas bantam. Kemenangan bisa membuka jalan mereka menuju peringkat lima besar.

Sunoto adalah salah satu atlet MMA paling berpengalaman dari Indonesia sejak memulai kiprahnya di pentas global ONE Championship dimulai pada 2015 lalu. Ia tercatat mengoleksi 10 kemenangan atau yang terbanyak di antara petarung lain di Indonesia. 

Saat ini, Sunoto sedang digembleng latihan di Bali MMA. Jika berhasil mengalahkan Thang maka otomatis ia layak berada di deretan teratas di divisinya dan berhak menghadapi para petarung top. 

Tial Thang juga mengemban misi penting untuk kembali ke jalur kemenangan. Petarung 28 tahun tersebut sempat menorehkan tiga kemenangan beruntun di ONE Championship, termasuk atas Paul Lumihi, sebelum menderita kekalahan pertama dari Song Min Jong pada pertengahan 2021 lalu.

Ia juga digadang-gadang sebagai salah satu bintang MMA terbesar dari Myanmar setelah Aung La N Sang. Sebelum terjun ke dunia MMA profesional, ia adalah juara gulat di negaranya dengan torehan 500 kemenangan.

Saat ini, Tial Thang berlatih di Sanford MMA di Amerika Serikat bersama beberapa nama top, seperti Aung La N Sang dan Michael Chandler. Gym tersebut juga pernah menjadi tempat bernaungnya Kamaru Usman.

Berikut daftar lengkap laga ONE: BAD BLOOD. 

Main Card ONE: BAD BLOOD

Bibiano Fernandes vs. John Lineker (Kejuaraan Dunia ONE Bantamweight)

Anatoly Malykhin vs. Kirill Grishenko (Kejuaraan Dunia Interim ONE Heavyweight)

Jonathan Haggerty vs. Mongkolpetch Petchyindee Academy (Muay Thai-flyweight)

Yosuke Saruta vs. Gustavo Balart (MMA-strawweight)

Jenelyn Olsim vs. Jihin Radzuan (MMA-atomweight)

Dejdamrong Sor Amnuaysirichoke vs. Danial Williams (MMA-strawweight)

Lead Card ONE: BAD BLOOD

Chen Rui vs. Mark Abelardo Fairtex (MMA-bantamweight)

Ken Hasegawa vs. Murad Ramazanov (MMA-welterweight)

Dustin Joynson vs. Hugo Cunha (MMA-heavyweight)

Lin Heqin vs. Bi Nguyen (MMA-atomweight)

Yodkaikaew Fairtex vs. Woo Sung Hoon (MMA-flyweight)

Thomas Narmo vs. Odie Delaney (MMA-heavyweight)

Sunoto vs. Tial Thang (MMA-bantamweight)