Makabu Vs Mchunu Akhir Januari, Pemenangnya Hadapi Canelo Alvarez Mei Mendatang
Ilunga Makabu (Instagram @ilungamakabu.official)

Bagikan:

JAKARTA - Ilunga Makabu bakal mempertahankan gelar juara dunia tinju WBC kelas penjelajah (90,7 kg) melawan Thabiso Mchunu. Pemenang duel ini bakal berhadapan dengan Saul "Canelo" Alvarez.

Seperti dilansir Antara dari laman resmi WBC, Jumat, duel antara Makabu versus Mchunu bakal bergulir di WD Packard Music Hall, Ohio, Amerika Serikat (AS), pada 29 Januari.

WBC pun berencana mempertemukan pemenang duel tersebut dengan Alvarez yang telah menyampaikan niat naik kelas dari menengah super (76,2 kg) ke penjelajah. Kemungkinan pertandingan akan bergulir pada Mei 2022.

Namun semuanya baru sebatas rencana. Belum ada kepastian apakah Alvarez benar-benar bakal naik ke divisi penjelajah.

Pada sisi lain, terdapat sejumlah masukan untuk petinju asal Meksiko tersebut. Seperti dari sang promotor Eddie Hearn yang menginginkan Alvarez naik ke kelas berat ringan (79,3 kg) daripada divisi penjelajah.

Saat ini, Alvarez tengah berada di puncak karier setelah resmi menjadi petinju tak terbantahkan kelas menengah super usai mengalahkan Caleb Plant di MGM Grand, Grand Garden Arena, Las Vegas, 6 November 2021.

Dengan empat gelar mayor yang disandang yakni WBA Super, IBF, WBO, dan WBC, petinju 31 tahun itu dinobatkan sebagai petinju pound-for-pound atau lintas divisi terbaik di dunia.

Sementara itu, duel Makabu versus Mchunu diprediksi menarik. Bagi Makabu, ini merupakan duel kedua dalam misi mempertahankan gelar.

Dia menyandang titel dunia WBC setelah mengalahkan Michal Cieslak di Temporary Arena, Kinshasa, Kongo, pada 31 Januari 2021.

Setelah itu, Makabu mengalahkan Olanrewaju Durodola di Studio Mama Angebi, Kinshasa, pada 19 Desember 2020. Kemenangan tersebut menggenapkan rekor kemenangan Makabu menjadi 28 dari total 30 pertandingan.

Sementara Mchunu yang hadir sebagai penantang wajib memiliki ambisi tinggi untuk bisa merebut titel WBC. Dia adalah petinju asal Afrika Selatan yang memiliki rekor 23 kemenangan dan lima kali kalah.

Mchunu mendapat kesempatan menantang juara bertahan setelah pada laga terakhir mengalahkan Evgeny Tishchenko RCC Boxing Academy, Ekaterinburg, Rusia, pada 27 Maret 2021.

"Ini akan menjadi pertandingan penuh aksi untuk perebutan gelar WBC. Pertarungan hebat ada di depan mata,” kata Don King selaku promotor pertandingan Makabu versus Mchunu.