30 Tahun Berlalu, Ini Kabar Terbaru Bayi di Sampul Album Nirvana, <i>Nevermind</i>
Cover album Nevermind (Universal Music)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Spencer Elden menjadi populer karena dia adalah sosok bayi yang ada di sampul album Nirvana berjudul Nevermind rilisan tahun 1991. Ikonik sepanjang masa, nyatanya Elden tidak puas dengan cover album tersebut.

Setelah 30 tahun, bayi tersebut muncul lagi. Spencer Elden menggugat band Nirvana yang terdiri dari Dave Grohl, Krist Novoselic, dan Kurt Cobain. Kenapa?

Selain tiga anggota Nirvana, Elden juga menggugat fotografer sampul album, Kirk Weddle, desainer Robert Fisher, label rekaman Universal Music dan Geffen Records serta mantan pemain drum band, Chad Channing.

Mengutip TMZ pada hari ini, 25 Agustus, Elden mengklaim mereka melakukan eksploitasi seksual anak di saat dia masih di bawah umur. Elden mengaku dia mengalami cedera dan kerugian sepanjang hidup karena artwork tersebut.

Dalam dokumennya, band Nirvana dianggap tidak bertanggung jawab untuk menjaga Spencer Elden. Mereka menyebut Cobain sempat setuju untuk mengedit gambar tersebut namun akhirnya album Nevermind dirilis dengan cover tanpa stiker.

Elden juga mengaku tidak menerima kompensasi apapun setelah kesuksesan Nevermind. Saat ini, dia meminta pihak tergugat membayar kerugian hingga 150 ribu dolar AS.

Pada tahun 2016, Elden berkata dia belum setuju untuk tampil di cover tersebut dan mencoba mengambil jalur hukum. Dia mencoba menghubungi Nirvana namun belum ada balasan dari pihak pemegang aset Kurt Cobain dan Grohl serta Novoselic.