Perayaaan Kelulusan <i>Dear Class of 2020</i> Bakal Tampilkan Obama, BTS, dan Lady Gaga
Barack Obama dan istri (Twitter @BarackObama)

Bagikan:

JAKARTA - Dear Class of 2020, sebuah acara selebrasi diumumkan oleh YouTube pada Selasa, 5 Mei, untuk menghormati murid serta mahasiswa/i yang lulus tahun 2020 namun tidak memiliki perayaan karena pandemi COVID-19. Sejumlah headliner dikonfirmasi menghadiri acara ini yakni mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, BTS, Lady Gaga, dan masih banyak lagi.

Acara ini akan berlangsung 6 Juni mendatang secara eksklusif di YouTube. Para tamu akan memberikan pidato terkait kelulusan para murid. Selain ketiganya, ada CEO Google Sundar Pichai, Malala Yousafzai, mantan Sekretaris Pertahanan Robert M. Gates yang akan menyampaikan ucapan selamat dan pesan kepada calon alumni.

Selayaknya pesta kelulusan, akan ada penampilan dari para musisi untuk Dear Class of 2020 di antaranya Alicia Keys, Kelly Rowland, Chloe x Halle, Zendaya, The Try Guys, dan lainnya.

Acara Dear Class of 2020 diinisiasi oleh YouTube sebagai bagian dari perayaan yang sudah menjadi tradisi tahunan. “Kelulusan adalah tradisi di mana murid-murid dan keluarga tunggu dan dengan situasi yang terjadi di dunia, YouTube memberikan inspirasi dalam bentuk pembukaan secara virtual,” kata Susanne Daniels, Global Head of Content YouTube, dikutip dari The Hollywood Reporter.

Dengan hadirnya acara kelulusan secara virtual, mahasiswa bisa tetap merasakan perayaan kelulusan yang berkesan. Adanya artis-artis dan bintang tamu favorit juga diupayakan sebagai dukungan bagi para murid untuk tetap merasa istimewa dan semangat merayakan kelulusan.

Langkah ini dilakukan YouTube setelah sebelumnya melihat Facebook akan melakukan hal yang sama pada 15 Mei mendatang. Menunjuk Oprah Winfrey sebagai pembaca pidato pemberian ijazah, acara ini akan dihadiri oleh Awkwafina, Jennifer Garner, dan Lil Nas X yang akan memberikan sepatah dua kata.

Selain Facebook dan YouTube, acara kelulusan secara daring ini juga dilakukan Her Campus. Perusahaan perempuan di Spoon University ini akan menggelar I’m Still Graduating dengan mengajak Eva Longoria, Liam Payne, Jesse McCartney sebagai bagian dari acara kelulusan.

Hingga saat ini, AS memiliki lebih dari 1 juta kasus virus corona dengan 164 ribu dinyatakan sembuh sedangkan 71.921 dinyatakan meninggal dunia. Tingginya angka kasus juga menjadi faktor mengapa acara kelulusan virtual seperti ini dilakukan.

Sepertinya menarik jika di Indonesia dilakukan acara serupa tetapi tentunya perlu koordinasi dari banyak pihak agar acara tetap berjalan lancar. Bagaimana pendapatmu?