BTS Sampaikan Ucapan Selamat untuk <i>Dear Class of 2020</i>
BTS (Twitter @bts_bighit)

Bagikan:

JAKARTA - Grup K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) baru saja mengikuti acara Dear Class of 2020. Acara tersebut diselenggarakan YouTube sebagai upacara virtual bagi para lulusan tahun 2020. Selain BTS, ada Barack dan Michelle Obama, Lady Gaga, Beyoncé, dan tamu lainnya.

Pada pidatonya, BTS menyampaikan ucapan selamat untuk para lulusan yang berhasil melewati masa pendidikan dengan baik. Meskipun selesai di tengah situasi yang dirasa sulit, namun para lulusan ini disebut sebagai lulusan yang spesial. "Di mana pun kalian berada, kalian akan keluar dari satu dunia menuju dunia lainnya."

Para anggota BTS; RM, Suga, Jin, J-Hope, Jungkook, Jimin, dan V juga menceritakan masa-masa ketika lulus di mana mereka juga merasakan kekhawatiran seperti lulusan 2020. Jungkook misalnya, ia menceritakan acara kelulusannya yang bisa ditonton melalui kanal YouTube BTS karena saat itu dirinya sudah menjadi personel BTS.

Ada juga Jin yang mengenang kelulusan SMA yang ia lakukan sebelum fokus dengan debutnya di BTS. Ia sempat membandingkan dirinya dengan teman-temannya tetapi Jin menyadari bahwa fase kehidupan orang berbeda-beda satu sama lain. “Ambil waktu ekstra untuk diri Anda,” kata Jin dalam pidatonya.

“Anda adalah pemimpin dalam hidup Anda sendiri,” sebut J-Hope saat pidatonya. J-Hope juga merasakan kesulitan tetapi ia percaya dengan kehadiran anggota BTS yang membantunya.

Video yang direkam dari National Museum of Korea ini juga menampilkan BTS menyanyikan lagu Boy With Luv, Spring Day, dan Mikrokosmos

Selain itu, baru-baru ini BTS dikabarkan mendonasikan 1000 dolar Amerika Serikat (AS) untuk Black Lives Matter. Langkah itu diikuti oleh penggemar BTS, Army, yang menyumbang dengan jumlah sama untuk gerakan ini. Senangnya punya idola seperti BTS ya, Army!

Tonton lagi pidato dan penampilan BTS dalam Dear Class of 2020 di bawah ini: