Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, mxmtoon hari ini resmi memperkenalkan single terbarunya berjudul "rain". Lagu ini merupakan bagian dari album ketiganya 'liminal space' yang akan dirilis pada 1 November nanti.

Dirilis melalui AWAL Recordings, "rain" merupakan lagu yang memiliki alunan musik lembut dan dipenuhi lapisan vokal, juga petikan gitar akustik. Lagu ini mengeksplorasi perasaan pahit-manis dari sebuah perubahan di kehidupan serta rasa rindu akan sesuatu yang tidak bisa kita miliki. Aransemen musik yang sengaja dibikin minimalis ini juga memberikan ruang lebih untuk menonjolkan penulisan lirik mxmtoon.

"Aku selalu berpikir bahwa aku akan menghabiskan seluruh hidupku di California sampai akhirnya aku memutuskan untuk pindah ke New York pada tahun 2020 lalu. Empat tahun kemudian, aku kembali dihadapkan dengan pilihan apakah aku ingin kembali ke kampung halamanku, dan awalnya aku memikirkan opsi tersebut. 'rain' bercerita tentang perasaan yang muncul saat kita tidak siap untuk melepaskan apa yang baru saja kita temukan. Ketika aku pindah ke East Coast, duniaku berubah dengan cara yang tidak pernah aku duga," kata mxmtoon mengenai inspirasi lagunya.

"Tinggal di negara bagian ini sungguh berbeda dan memang menakutkan rasanya, tetapi di sisi lain hal ini juga cukup menantang untuk aku bisa tumbuh dan juga belajar dengan cara yang tak pernah ku bayangkan sebelumnya. Aku berhasil menjadi pribadi yang baru, dan gagasan untuk pindah kembali ke rasanya seperti akan mengorbankan versi diriku yang kini sudah aku cintai. Orang lain bisa dengan mudahnya meromantisi apa yang tidak bisa mereka miliki, dan dimanapun aku berada, aku akan selalu merindukan tempat yang berbeda. Jika aku berada di California, aku pastinya akan merindukan New York, juga sebaliknya dan siklus ini pastinya akan terus berulang."

Di album 'liminal space' nanti, mxmtoon akan memperlihatkan kemampuan penulisan liriknya yang semakin berkembang dewasa, di mana sebelumnya gaya penulisan personalnya telah berhasil mendatangkan jutaan pendengar dan juga penggemar setia yang kini telah tersebar di seluruh dunia. Dengan membawa tema hidup dalam sebuah ketidakpastian dalam memasuki umur dewasa yang kemudian dikemas dengan musik bergenre indie-pop, 'liminal space' siap menjadi proyek musik mxmtoon yang paling introspektif hingga saat ini.

Selain itu, album ini juga memberikan kesempatan pada mxmtoon untuk berkolaborasi dengan tim produksi yang diisi oleh perempuan semua, dari mulai penulis lagu, engineer rekaman, produser musik, fotografer sampai desainer baju Kang Hee Kim. Bagi mxmtoon, memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan tim yang berisi perempuan semua membuat penggarapan album ini lebih berarti.

"'liminal space' adalah album untuk bagi orang-orang yang memiliki kesulitan untuk mengendalikan hidup mereka dan sedang terhanyut dalam perasaan pedih manisnya tersesat dalam sebuah lorong yang rasanya seperti tidak ada ujung akhirnya," ungkapnya.

mxmtoon akan menutup tahun ini dengan tampil di Mexico City pada bulan November. Pada bulan Februari tahun depan, ia akan menjalani tur untuk album terbarunya 'liminal space' di Amerika Utara yang mencakup 27 jadwal pertunjukan, termasuk pemberhentian di kota-kota seperti Los Angeles, New York, dan lainnya.