Bagikan:

JAKARTA - Green Day membuktikan inovasi tak harus berhenti di usia karier tertentu. Mereka baru saja mengumumkan akan rilis ulang album ikonis mereka dari tahun 1994, Dookie.

Di 2024 ini album tersebut genap berusia 30 tahun, dan Billy Joel Armstrong dkk ingin melakukan hal yang di luar nalar. Dookie terlahir kembali ke 15 rekaman dalam 15 pemutar musik berbeda.

Mereka memanggil format album kali ini sebagai demaster, karena setiap lagu akan diputar melalui alat-alat tak biasa, seperti boneka Teddy Bear sampai sebuah sikat gigi. Gila!

"Dookie Demastered: 15 lagu. 15 format. Dengan cara yang tidak pernah dimaksudkan untuk didengarkan. 30 tahun kemudian. Sekarang tersedia di http://dookiedemastered.com

Seperti yang mereka ucapkan, album demastered ini bukan soal kualitas audio bintang lima seperti band-band lain. Namun pengalaman yang disuguhkan, mendengar musik dari barang-barang tak terduga, adalah hal ajaib yang berani mereka lakukan.

Dookie merupakan karya yang monumental bagi band asal The Bay Area ini. Selain merilis album versi baru, Green Day juga menggelar tur Dookie, dengan lagu-lagu familiar seperti Basket Case, keliling beberapa kota.

Demi sebuah nostalgia di level berbeda, berikut tracklist Dookie dan alat pemutarnya yang tak biasa.

Burnout – Player Piano Roll

Having A Blast – Disket

Chump – Boneka Teddy Ruxpin

Longview – Bell Pintu

Welcome To Paradise – Cartridge Game Boy

Pulling Teeth – Sikat Gigi

Basket Case – Big Mouth Billy Bass

She – HitClip

Sassafras Roots – 8-track

When I Come Around – Wax Cylinder

Coming Clean – X-Ray Record

Emenius Sleepus – Mesin Penjawab Telepon

In The End – MiniDisc

F.O.D. – Fisher Price Record

All By Myself – Kotak Musik