Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Thailand, Phum Viphurit memperkenalkan karya terbarunya yang berjudul “Balter Baby”. Serupa dengan “The Other Side” yang dirilis 24 September lalu, lagu ini masih mengusung konsep cerita Paul Vibhavadi, yang merupakan alter ego-nya.

“Balter Baby” adalah musik dansa, yang menjadi karya instrumental pertama penyanyi-pencipta lagu kelahiran Bangkok itu.

Karya ini ingin menampilkan sisi lain dari selera dan kapabilitas musikal Phum. Sebuah video musik beranimasi untuk “Balter Baby” yang digarap oleh Shea Oracheski dan James Bedggood pun akan tayang di kanal YouTube resmi Phum Viphurit.

Dari segi narasi, “Balter Baby” adalah kelanjutan “The Other Side”, yang mengisahkan Paul Vibhavadi, sang kungkang menggemaskan yang sedang berkutat dengan pujaan yang diterimanya dari suku penyembah kungkang yang ditemuinya dalam perjalanan mencari hutan magis Himmapan.

“Saya ingin mengembangkan adegan dari video musik sebelumnya yang menampilkan suku itu sedang menyembahnya dengan cara menari seperti di film Midsommer oleh Ari Aster,” kata Phum Viphurit dalam keterangannya, Rabu, 9 Oktober.

“Jadi, lagu ini menampilkan Paul yang sedang terbuai oleh itu dan apa yang dirasakannya di adegan tarian tersebut,” lanjutnya.

Phum memilih untuk menceritakan bagian dari kisah Paul melalui lagu instrumental, untuk mendobrak batasan-batasan identitas musiknya.

“Saya sudah pernah merilis musik yang cenderung instrumental, tapi selalu ada sekilas vokal saya. Kalau lagu ini benar-benar untuk mengiringi orang-orang berdansa,” ujarnya.

“Sejujurnya, kalau melihat 50 lagu terakhir yang saya suka di Spotify, sekitar 45 di antaranya adalah lagu instrumental. Saat sedang mencari inspirasi, saya mencoba menulis lirik untuk lagu-lagu instrumental yang sudah ada. Dan di lagu ini saya ingin membalikkan metode itu dengan cara, ‘Apakah saya bisa menarik perhatian pendengar atau membuat mereka menganggukkan kepala mengikuti lagu house music berdurasi tiga menit ini yang menonjolkan gitar dan synth?’ Itu adalah tantangan yang menarik, namun juga sesuai dengan tema ceritanya.”

Lebih jauh tentang “Balter Baby”, karya ini juga menekankan eksplorasi Phum Viphurit di album mini PAUL VIBHAVADI VOL. 1 namun tetap masuk akal dalam konteks proyek yang sedang dijalani.

“Saya merasa jika akan memperkenalkan lagu yang terinspirasi house music seperti ‘The Other Side’, saya butuh ada kelanjutannya sebelum bergeser dari tempo dan tekstur itu. Jadi, ‘Balter Baby’ adalah pilihan yang paling masuk akal bagi saya,” pungkas Phum Viphurit.