Bagikan:

JAKARTA - Kamila Batavia, penyanyi Indonesia yang berbasis di Hamburg, Jerman melanjutkan perjalanan musiknya dengan merilis single baru berjudul “Hilang dan Tak Kembali”.

Lagu ini adalah rilisan ketiga, setelah “Berakhir dan Berlalu” dan “Als Ich Einschlief”, sekaligus lagu pamungkas untuk menyambut extended play (EP) yang rencananya diluncurkan awal tahun 2025.

Memadukan elemen chamber, retro dan goth-pop, Kamila ingin lagu “Hilang dan Tak Kembali” menghipnotis pendengarnya dengan lirik kontemplatif tentang betapa kompleksnya dinamika kehidupan.

“Lagu ini mempunyai makna ambigu karena tidak hanya bisa diinterpretasikan sebagai lagu patah hati antara dua orang yang tidak mempunyai frekuensi yang sama, namun juga sebuah cerita tentang pengalaman pribadiku yang mempunyai gairah hidup dan cita-cita tinggi namun secara bersamaan muncul keinginan untuk menghilang karena tumpukan beban pikiran yang tidak bisa disanggupi lagi,” tutur Kamila Batavia dalam keterangannya, Jumat, 6 September.

Kamila mengawali lagu barunya dengan lantunan paduan suara diiringi dentingan piano. Kemudian dilanjutkan verse pertama yang liriknya mendeskripsikan keadaan rigor mortis sebagai metafora ketidaksanggupan untuk bertahan.

Selanjutnya, lirik di bagian pre-chorus yang mendeklarasikan semangat yang membara diiringi dengan dentuman drum yang intens untuk membawa pendengarnya ke level yang lebih energik, kemudian seakan-akan diberhentikan di chorus pertama yang terdengar halus dan sunyi.

Diproduseri oleh Faizal Saputra, “Hilang dan Tak Kembali” dengan dinamikanya, membawa atmosfer dramatis dengan kombinasi reverb serta permainan synthesizer, bassline dan drum yang prominen.

“Dalam proses penciptaan lagu, aku banyak terinspirasi oleh kontemplasiku terhadap tragedi kehidupan dan dinamika hubunganku dengan manusia sekitar,” ujar Kamila.

“Sebagai musisi yang juga mencintai sastra, aku berusaha untuk bisa menciptakan sebuah karya yang dalam dan bermakna,” imbuhnya.

Adapun, lagu terbaru Kamila Batavia dengan judul “Hilang dan Tak Kembali” sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital.