Bagikan:

JAKARTA - Siapa bilang skena hip hop Indonesia sudah mati? Lewat project Team Tomodachi, para rapper top, termasuk rapper merangkap kreator konten, menampilkan spirit kolektif untuk berkreasi.

Digagas Going Noodles, para rapper Indonesia sukses 'memasak' bersama-sama. Lagu Team Tomodachi yang viral, dihajar habis oleh nama-nama yang tak terbayang bakal berada di satu remix macam Ramengvrl, Young Lex, Laze, Basboi, Reza Arap, eevenx, A. Nayaka, Matter Mos sampai Saykoji.

Lagu original Team Tomodachi dipopulerkan oleh rapper asal Jepang, Yuki Chiba. "Kami menambah sambal untuk lagu viral Yuki Chiba, Team Tomodachi, dengan menyatukan teman-teman," bunyi keterangan video tersebut.

Video kolaborasi ini diunggah melalui akun YouTube Ramengvrl pada 29 Agustus kemarin. Tak perlu waktu lama, Team Tomodachi remix versi para jagoan hip hop Indonesia langsung melesat ke jajaran video trending.

Dengan karakter unik dari masing-masing rapper, memberi kesan seperti menonton film Avengers. Enam menit yang padat rima dan bars membuatnya layak menapaki urutan 4 video trending saat berita ini ditulis.

Belum lagi referensi-referensi khas soal meme, skena hip hop, sampai lokasi syuting yang 'merakyat', video ini mengingatkan kembali pada hal yang kadang lupa kita sadari, tapi sangat kita butuhkan, yakni kreativitas dan kolektivitas.