Bagikan:

JAKARTA - Musisi Indonesia ramai-ramai mengunggah “Peringatan Darurat” dengan gambar lambang Garuda Pancasila berlatar biru yang viral di media sosial sejak Rabu, 21 Agustus.

Unggahan tersebut sebagai respon atas upaya DPR dan pemerintah untuk menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas syarat pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2024.

Beberapa nama besar di industri musik nasional seperti Duta (vokalis Sheila On 7), Kunto Aji, Isyana Sarasvati, Efek Rumah Kaca, Endah Widiastuti, dan Baskara Putra alias Hindia, ikut mengunggah “Peringatan Darurat” tersebut.

"Hasbunallah wa ni'mal wakiil, ni'mal maula wa ni'man nasiir," tulis Duta dalam keterangan unggahan Instagram, Kamis, 22 Agustus.,

“Tidak ada urusan dengan dukung mendukung, ini masalah konstitusi yang diinjak-injak, hanya satu kata..... (emoji kepalan tangan),” tulis Kunto Aji dalam keterangan unggahan Instagram.

Sementara itu, musisi lain seperti Nadin Amizah menyoroti kerja cepat DPR. Dia mengunggah meme yang membandingkan kinerja DPR saat mengerjakan RUU Pilkada saat ini dengan kerja lain saat membahas RUU yang berkaitan dengan kepentingan rakyat.

“maaf ya guys cuma bisa share meme aja jujur udh di titik haha hihi bagong pisan saking speechlessnya,” tulis Nadin Amizah dalam unggahan Instagram Story.

“menitipkan energi sebesar mungkin untuk yg akan demo hari ini. terlepas dari becandaan bahwa suara kita ga pernah didengar barusan, we HAVE to MAKE them listen. one way or another. lancar!”

Selanjutnya, ada Sal Priadi yang mengunggah ulang foto pendemo dengan membawa poster yang diinspirasi dari lagunya yang berjudul “Gala Bunga Matahari”.

Poster tersebut menampilkan wajah Presiden Joko Widodo dengan lirik lagu yang diubah, “MUNGKINKAH MUNGKINKAH MUNGKINKAH RAKYATTTTTT DIDENGARRR HARI INI?????”