Bagikan:

JAKARTA - Chelsea Davina Norman atau Chelsea JKT48 menjadi perbincangan di media sosial karena tudingan mencuri audio dari kreator lain untuk konten cover gitar lagu “Rapsodi” di TikTok.

Adapun, tudingan muncul setelah akun X @cakepbgtakutu mengunggah dan menyandingkan cover gitar yang dilakukan Chelsea dan kreator lain dengan nama @vikiii.

"Tolong viralkan, guys. Chelsea JKT48 mencuri sound gitar milik orang lain (temanku) tapi dia mengklaim ngulik sendiri," tulis akun X @cakepbgtakutu, dilihat Minggu, 11 Agustus.

Akun tersebut mempermasalahkan kelakuan Chelsea yang tidak memberi kredit dan membuat klaim bahwa suara tersebut adalah miliknya.

"Temanku tiba-tiba melihat video Chelsea bermain gitar Rapsodi, tetapi suaranya persis seperti suara gitar temanku," lanjut akun tersebut.

Kemudian, Chelsea pun memberi respon atas tudingan tersebut. Melalui unggahan Instagram Story, member JKT48 itu meminta maaf atas karena telah menggunakan konten (audio) orang lain tanpa izin.

Chelsea mengaku menjadikan konten orang lain sebagai inspirasi, dan dia punya alasan sendiri mengapa audio dari kreator lain ia ‘tempelkan’ dalam kontennya.

“Selama ini aku memang terinspirasi dan menjadikan beberapa konten tiktok dan youtube sebagai referensi aku. Mohon maaf aku sudah menggunakan video-video tersebut tanpa ijin, dan dikarenakan suara gitar aku terlalu kecil, jadi menimbulkan kesalahpahaman bahwa seakan-akan aku mengklaim bahwa aku yang memainkan sound itu,” tulis Chelsea.

“Kemudian maksud aku dari mengulik sendiri itu aku ngulik sound yang aku dapet dari tiktok,” lanjutnya.

Dia berjanji akan mengubah caranya membuat konten agar kejadian serupa tidak terulang.

“Kedepannya aku tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan aku akan lebih berlatih lagi untuk dapat membuat konten yang lebih baik. Terima kasih atas masukannya ya, sekali lagi mohon maaf.”