Sarah Harding, Mantan Anggota <i>Girl Group</i> yang Berjuang Hadapi Kanker
Sarah Harding (Instagram @sarahnicoleharding)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah rilisan lagu Girls Aloud menempati tangga musik setelah sekian lagu. Lagu Hear Me Out yang menjadi salah satu lagu mereka juga mulai populer.

Kepopuleran ini disebabkan salah satu anggotanya, Sarah Harding yang didiagnosa mengalami kanker payudara. Meskipun dia sudah menceritakan penyakit ini pada Agustus tahun lalu, namanya kembali dibicarakan karena pernyataan baru-baru ini.

Melalui memoarnya berjudul Hear Me Out, Harding mengatakan, “Pada Desember, dokter saya mengatakan natal yang akan datang menjadi masa terakhir saya.”

Dia menyebut saat ini penyakitnya sudah menjalar ke area lain di tubuhnya. Kini dia tengah menjalani kemoterapi dan berharap tetap merasakan kenyamanan dan tidak merasakan sakit lagi.

Harding juga menyebut dia menerima banyak dukungan dari mantan rekan grup Girls Aloud dan juga penggemar yang juga menulis ucapan kepadanya.

Anggota Girls Aloud

Lahir di tahun 1981, Sarah Harding memulai karier di dunia hiburan dengan melakukan audisi untuk acara Popstars: The Rivals. Setelah itu, dia bergabung dengan grup Girls Aloud, grup pemenang dari kompetisi Popstars pada tahun 2002.

Lagu pertama mereka Sound of the Underground menjadi peringkat pertama di UK Singles Chart. Album mereka yang berjudul sama juga mendapat prestasi yang sama.

Berbagai lagu dan album berikutnya seperti album Out of Control tahun 2008 terjual lebih dari satu juta keping - sebuah pencapaian besar untuk sebuah grup wanita di masa itu.

Girls Aloud pun dinobatkan sebagai grup wanita Inggris yang paling banyak mendapat angka penjualan tinggi lebih dari 4,3 juta keping dan 4 juta di Inggris saja.

Pada tahun 2008, Harding mulai menjajaki dunia seni peran dengan bermain dalam film Bad Day, film dari BBC berjudul Freefall dan mengikuti franchise film St. Trinian.

Di tengah masa transisi, Girls Aloud mengumumkan vakum dan menyatakan perilisan album akan dilakukan pada tahun 2010. Mereka sempat vakum dan kembali reuni pada tahun 2012 untuk merayakan 10 tahun Girls Aloud.

Dengan lagu Something New dan Beautiful Cause You Love Me menjadi lagu terakhir yang mereka rilis pasalnya pada tahun 2013, Girls Aloud bubar. Harding pun memulai solo kariernya dengan merilis album solo pada Juli 2015 sejak diumumkan pada Maret 2010.

Dukungan Penggemar

Mengetahui kondisi Sarah Harding, penggemar membuat kampanye Hear Me Out untuk mendukung Harding. Menjelang perilisannya, masyarakat beramai-ramai membeli dan mengunduh lagu Girls Aloud berjudul Hear Me Out. Lagu ini ditulis oleh Harding.

Masyarakat juga membeli album What Will The Neighbours Say? dari Girls Aloud tahun 2004. Rekan satu grup Girls Aloud yakni Kimberley Walsh, Nadine Coyle, Nicola Roberts, dan Cheryl mengirimkan dukungan kepada Sarah Harding.

“Wanita ini luar biasa. Semangat yang ia tunjukan sekarang mengejutkan saya setiap hari,” kata Walsh.

“Ini luar biasa. Terima kasih sudah melakukan ini untuk Sarah. Bisa memberitahunya tentang ini adalah hal yang spesial,” tulis Nicola Roberts.

Kini, lagu Hear Me Out menduduki posisi pertama di tangga musik iTunes Inggris setelah sekian lama.

“Saya tidak bisa berterima kasih kepada semua orang untuk pesan baik yang saya terima sejak saya menerima perawatan pada akhir pekan. Ini sangat berarti untuk saya dan ibu saya,” tulis Sarah Harding melalui akun media sosialnya.