Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski banyak terdengar, mungkin belum semua orang mengenal scream dalam musik metal. Scream diidentifikasi sebagai teknik vokal yang dilakukan seperti orang berteriak. Dalam sejarahnya, scream telah melalui perjalanan panjang.

Di Indonesia, teknik scream sudah populer dan banyak dilakukan oleh penyanyi Tanah Air. Lalu apa sih sebenarnya scream dalam musik?

Mengenal Scream dalam Musik Metal

Seperti dikeatahui, aliran metal terus mengalami perkembangan. Genre tersebut berhasil melahirkan berbagai jenis aliran musik seperti Black Metal, Symphonic Black Metal, Death Metal, dan masih banyak lagi. Dari beragam aliran metal tersebut lahir pula teknik vokal yang banyak dipakai yakni scream atau screaming.

Teknik scream ini awalnya tidak dianggap sebagai teknik vokal dalam bernyanyi. Bahkan scream hanya dianggap sebagai sesuatu yang mampu merusak pita suara sang vokalis. Meski demikian, perlahan teknik ini mulai diterima bahkan dipelajari.

Tipe Scream dalam Musik Metal

Dalam perkembangannya, scream makin berkembang pesat. Bahkan muncul berbagai tipe teriakan dalam musik metal yakni sebagai berikut.

  • Scream

Teriakan ini dilakukan dengan mengeluarkan suara dengan keras seperti layaknya berteriak. Namun teknik ini dilakukan dengan napas yang berat sehingga tak bisa dilakukan sembarangan.

  • Growl

Growl diartika sebagai geraman yang tentu berbeda dengan teknik teriakan. Tipe ini biasanya dikenal dengan scream rendah karena suara yang dihasilkan tidak sekeras lainnya.

  • Grunt

Teknik ini lebih dikenal dengan dengkuran. Cara melakukannya cukup unik yakni dengan cara menghisap suara dari luar menuju kerongkongan bagian dalam. Untuk melakukannya, vokalis harus melatih napas diafagma.

  • Piq Squeals

Seperti teknik grunt, tipe scream ini dilakukan lebih melengking layaknya suara babi. Untuk melakuaknnya vokalis juga harus melatih pernapasan diafragma dengan benar.

  • Fry

Teknik ini dilakukan dengan cara mengeluarkan suara lewat kerongkongan. Suara yang keluar akan berbeda-beda sesuai dengan karakter suara tiap vokalis sehingga hasilnya lebih unik.

  • False

Teknik ini banyak dianggap lebih sulit karena dalam menghasilkan suara terjadi distorsi di tenggorokan. Seseorang yang melakukan ini tanpa berlatih akan merasakan gatal. Tipe suara yang dihasilkan adalah keras dan tinggi.

  • Death

Mirip dengan tipe false, hanya saja tak ada distori pada suara. Tipe ini terderngar melengking seperti falsetto sekaligus unik karena sesuai dengan karakter vokal tiap orang.

Tips Melatih Teknik Vokal Scream

Sama seperti teknik vokal lain, scream juga perlu dilatih dengan benar. Ada beberapa tips melatih scream yakni sebagai berikut.

  • Ketahui Batasan Vokal

Mengetahui batasan kemampuan Anda dalam bernyanyi adalah hal penting. Tidak semua orang bisa melakukan teknik ini sehingga perlu mempertimbangkan kesehatan vokal. Namun untuk melakukannya, usahakan untuk memperbanyak air putih ya.

  • Kuasai Teknik dan Kontrol Nafas

Kuasai teknik dan kontrol napas khususnya diafragma. Cara ini bahkan penting untuk dipelajari di berbagai jenis vokal termasuk scream.

  • Jangan Lupakan Emosi

Scram adalah teknik vokal yang jadi bagian dari cara mengekspresikan diri. Emosi adalah kunci sehingga perlu dihayati saat mempraktikkan scream.

Selain mengenal scream dalam musik metal, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.