Bagikan:

YOGYAKARTA – Pepaya memiliki rasa yang manis dan segar. Karena itu dipilih sebagai buah yang dikonsumsi harian. Tetapi ternyata, mengkonsumsi pepaya sekaligus bijinya, menurut penelitian berpotensi baik untuk kesehatan. Meskipun juga terdapat efek samping apabila dikonsumsi berlebihan. Apa saja manfaat makan pepaya sekaligus bijinya? Ini pemaparannya.

1. Mengandung mikronutrien penting

Kalau daging buahnya, pepaya mengandung tinggi serat dan vitamin C. Buah ini juga sangat tinggi polifenol dan flavonoid, dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan. Antioksidan, melawan radikal bebas yang berperan mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis. Terlebih lagi, biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat.

Nah, pola makan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, dapat menurunkan kadar triigliserida dan kolesterol lipoprotein densitas sangat rendah pada penderita diabetes tipe 2. Melansir Healthline, Senin, 15 Juli, makan pepaya sekaligus bijinya menyediakan serat dalam jumlah besar.

manfaat makan pepaya sekaligus bijinya
Ilustrasi manfaat makan pepaya sekaligus bijinya (Freepik)

2. Membantu melawan infeksi

Penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat membunuh beberapa jenis jamur dan parasite. Penelitian yang dilakukan memakai tabung reaksi ini, memakai ekstrak biji pepaya dalam melawan tiga jenis jamur yang termasuk patogen penyebab infeksi jamur. Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan, minum obat terbuat dari biji pepaya kering dan madu bermanfaat signifikan membunuh parasite usus. Namun, penelitian ini masih dilakukan dalam skala kecil sehingga perlu dibuktikan efek positifnya dalam skala lebih besar.

3. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal berperan integral dalam kesehatan. Selain memfilter limbah tubuh untuk dibuang, ginjal juga membuang kelebihan cairan dari tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi buah pepaya sekaligus bijinya, dapat melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal. Ini dibuktikan dalam penelitian pada hewan tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas. Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal.

4. Bersifat anti-kanker

Biji pepaya memiliki profil nutrisi yang baik dan bersifat antioksidan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti-kanker. Sebuah penelitian tabung menemukan, ekstrak biji pepaya dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh terhadap perkembangan kanker. Penelitian lainnya, menunjukkan bahwa biji pepaya menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Biji pepaya, seperti yang telah dijelaskan di atas, termasuk sumber serat. Serat bergerak melalui saluran penceraan tanpa tercerna sehingga mendorong keteraturan buang air besar. Faktanya, tinjauan terhadap lima penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan serat meningkatkan frekuensi buang air besar pada penderita sembelit.

Selain yang dijelaskan di atas, manfaat makan pepaya sekaligus bijinya, juga melindungi pencernaan dari penyakit radang usus, meringankan gejala wasir, dan mencegah pembentukan tukak usus karena mengandung tinggi serat. Namun meski bermanfaat, penelitian lain menyebutkan efek samping dosis tinggi konsumsi biji pepaya dapat menyebabkan kondisi azoospermia. Kondisi ini ditandai dengan menurunnya sperma dalam air mani.