Bagikan:

JAKARTA - Pepaya adalah salah satu buah yang paling dicintai dan dinikmati hampir di setiap musim. Sebab, khasiatnya yang kuat dan memiliki segudang manfaat kesehatannya. Buah tropis ini dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi, indeks glikemik rendah, rasa manis dan warnanya yang cerah.

Mengonsumsi buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pencernaan, meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam makanan sehari-hari. Namun, ada makanan tertentu yang harus dihindari dan tak boleh dipasangkan dengan pepaya untuk mencegah reaksi yang merugikan.

Berikut 7 makanan yang tak boleh dikonsumsi berbarengan dengan pepaya, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Susu dan produk Susu

Pepaya mengandung enzim seperti Papain dan Chymopapain, yang dapat mengentalkan susu dan mempengaruhi pencernaan produk susu. Dengan demikian, mengonsumsi pepaya dengan susu atau yogurt langsung menyebabkan kembung, gas, atau ketidaknyamanan perut.

2. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sangat lezat dan bergizi untuk diet apa pun. Makanan fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, atau acar mengandung probiotik dan enzim yang dapat berinteraksi dengan enzim pepaya. Kombinasi ini berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Makanan berprotein Tinggi

Pepaya mengandung enzim yang memecah protein. Hal ini dapat mengganggu pencernaan makanan berprotein tinggi tertentu. Hindari memasangkan pepaya dengan daging, ikan, atau tahu dalam jumlah besar untuk mencegah masalah pencernaan atau ketidaknyamanan.

4. Makanan berlemak

Pepaya adalah buah rendah lemak dan memasangkannya dengan makanan tinggi lemak seperti hidangan goreng, daging berlemak, atau saus krim dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Kombinasi ini dapat menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan, karena laju pencernaan lemak dan buah yang kontras.

5. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung dan menggabungkannya dengan pepaya, terutama pada individu yang sensitif. Hal ini dapat memperburuk masalah pencernaan.

Hindari mengonsumsi pepaya setelah makan makanan pedas. Menggabungkan makanan pedas dengan pepaya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan memperburuk masalah pencernaan.

Pepaya mengandung enzim seperti papain yang membantu pencernaan. Hal ini dapat mengintensifkan panas dan iritasi yang disebabkan oleh makanan pedas. Kombinasi ini dapat menyebabkan kram perut, mulas, atau refluks asam, terutama pada individu dengan perut sensitif.

6. Produk kedelai

Produk kedelai seperti susu kedelai atau tahu mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu dalam pepaya, mempengaruhi pencernaan secara keseluruhan.

7. Buah jeruk

Pepaya dan buah jeruk kaya akan vitamin C, menggabungkan keduanya dapat menyebabkan keasaman atau mulas pada beberapa individu. Dengan demikian, disarankan untuk menikmati buah-buahan ini secara terpisah untuk menghindari ketidaknyamanan mendadak, sakit perut atau diare.