Cerita Marty Friedman Gagal dalam Audisi Gitaris Ozzy Osbourne
Marty Fiedman (Instagram @martyfriedman)

Bagikan:

JAKARTA - Marty Friedman mengingat kembali momen saat dirinya ikut audisi untuk posisi gitaris di band Ozzy Osbourne pada akhir 1980-an.

"Saya gagal total." Saya pikir itu mungkin karena penampilan saya," pada sesi tanya jawab "Metalmania III" Rock 'N' Roll Fantasy Camp bulan lalu di Los Angeles.

"Saya sebenarnya mendapat telepon dari Sharon Osbourne dulu sekali, dan saya tinggal di San Francisco, dan mereka berkata, 'Kami ingin menerbangkanmu untuk mengikuti audisi Ozzy,'" lanjutnya.

"Dan saya seperti, 'Ya Tuhan. Ini keren sekali.' Saya praktis jadi tunawisma pada saat itu, tinggal bersama pacar saya dan mengurus sewa dan sebagainya, seperti yang dilakukan musisi rock California."

"Dan saya sangat senang mendapat telepon itu. Jadi saya belajar musik, pergi ke L.A. — mereka menerbangkan saya ke L.A. untuk bermain dengan band. Dan menurut saya, saya memainkan semuanya dengan baik, dan menurut saya kedengarannya bagus."

Kata Marty, semua orang cukup ramah. Tapi citra orang-orang di band sangat berbeda. Meski cuma audisi, mereka benar-benar berdandan layaknya rockstar Sunset Strip tahun 1980-an, dari kaos tengkorak, borgol hingga kalung panjang. Sementara Marty, hanya mengenakan jins dan kaos oblong.

"Saya berpikir... suasananya saja yang berbeda. Tidak seperti ketiga teman-teman dalam band yang akan berkumpul dan bersenang-senang, meskipun kedengarannya bagus, pikir saya. Maksud saya, saya rasa saya memainkan semuanya dengan benar."

"Berada di sebuah band lebih dari sekadar bermain. Dan, sebenarnya, bermain adalah hal yang tidak ada dalam daftar. Jika Anda memiliki getaran yang sama dengan orang-orang, Anda bisa menciumnya: 'Inilah pria yang ingin kuajak jalan-jalan.' Dan itu berbeda pada level itu... Baunya seperti L.A. dan saya berbau seperti San Francisco, yang baunya berbeda. Tak satu pun dari kami wanginya enak. Tapi baunya keren. Semua orang memainkan semuanya dengan hebat. Mereka mengaudisi ribuan pria. Jadi saya tidak mengerti," Marty menambahkan.

"Sebuah band hanyalah… lebih seperti kepribadian orang-orang. Karena ada begitu banyak pemain hebat yang bisa bermain di setiap pertunjukan, Anda tahu maksud saya? Ini benar-benar tentang dengan siapa Anda ingin bergaul? Saya ingin sekali mendapat pertunjukan, tapi mereka mungkin baru saja bersiap-siap untuk kembali minum, dan saya bukan peminum berat, jadi tidak akan bisa mengental dengan baik. Tapi saat itu saya, seperti, 'Oh, Saya memainkannya dengan sempurna. Mengapa mereka tidak menelepon saya kembali?' Tapi saya mengerti [sekarang]."