Marty Friedman Kecam Rolling Stone yang Tempatkan Bob Dylan di Atas Elvis Presley dalam Daftar 200 Greatest Singers
Marty Friedman (Instagram @martyfriedman)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan gitaris Megadeth, Marty Friedman mengecam majalah Rolling Stone karena menempatkan Bob Dylan di atas Elvis Presley dalam daftar 200 penyanyi terhebat sepanjang masa (200 Greatest Singers).

Setelah akun Twitter Elvis Presley News menyatakan ketidakpercayaannya atas fakta bahwa Dylan ada di atas Presley, Friedman memberi komentar.

"Tidak heran sama sekali, pertimbangkan sumbernya. Jika outlet media menggunakan 'sui generis' untuk menggambarkan penyanyi paling berpengaruh sepanjang masa, kata penilaian outlet media harus diambil dengan sebutir garam seukuran Islandia. Tidak ada yang bisa dilihat di sini," tutur Friedman.

Daftar terbaru dari 200 Greatest Singers ini diisi nama-nama seperti Aretha Franklin hingga Rosalía dan artis-artis besar lain yang terkenal karena suaranya yang menonjol.

Sementara itu, dari sisi rock, ada nama-nama semisal Freddie Mercury (Queen), Ozzy Osbourne (Black Sabbath), Axl Rose (Guns N' Roses), Ronnie James Dio (Black Sabbath, Rainbow, Dio), Robert Plant (Led Zeppelin), Chris Cornell (Soundgarden, Audioslave) dan Steve Perry (Journey).

Kali ini, daftar tersebut tidak menyertakan nama-nama besar seperti Celine Dion, Pink, Jennifer Hudson, Nat King Cole, Dionne Warwick, dan lainnya.

Alasannya, Rolling Stone mengantisipasi keluhan dari penggemar yang tidak setuju dengan nama-nama pilihan mereka.

"Sebelum Anda mulai menggulir (dan berkomentar), perlu diingat bahwa ini adalah daftar Greatest Singer (Penyanyi Terhebat), bukan Greatest Voices List (Daftar Suara Terhebat). Bakat sangat mengesankan; jenius transenden," kata Rolling Stone dalam pengantarnya.

"Tentu, banyak orang di sini lahir dengan nada sempurna dan jangkauan tak terbatas. Yang lain memiliki instrumen yang lebih kasar, asing, atau lebih halus... Dalam semua kasus, yang paling penting bagi kami adalah orisinalitas, pengaruh, kedalaman katalog artis, dan luasnya warisan musik mereka."

Terkait