Bagikan:

JAKARTA - Band Wali sudah berjalan selama 24 tahun. Saat ini, Faank (vokal) dan Apoy (gitar) sudah berusia lebih dari 40 tahun. Sementara, dua personel lain akan memasuki usia kepada empat dalam waktu dekat.

Pertambahan usia dirasakan jelas oleh personel Wali. Mereka merasa tidak sekuat dulu untuk menjalani tur panjang keliling Indonesia.

Faank mengakui jadwal manggung Wali di luar kota, terutama yang jaraknya cukup jauh, tidak banyak dilakukan. Wali lebih memprioritaskan konser dengan jarak yang dekat.

“Ya kalau sekarang sih kadang (manggung di luar kota). Ya itu dia, ya tua itu kan pasti, setiap yang lahir pasti akan tua. Ya alhamdulillah kita sudah sampai di umur yang sekarang,” kata Faank di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November.

“Ya kadang-kadang kita suka mewanti-wanti pada management kalau konser jaraknya yang dekat-dekat aja. Karena kondisi kita pun sudah tidak se-fresh dulu,” sambungnya.

Namun, Faank menolak jika Wali disebut tidak menghargai tawaran manggung. Dengan adanya keluarga dan kondisi tubuh yang tidak sekuat dulu, banyak pertimbangan jika harus tampil di luar kota.

“Bukan karena kita menolak rezeki. Karena ini kan badan kita titipan Allah, butuh istirahat juga, jangan sampai memaksakan diri yang akhirnya kita ambruk. Sehat rezeki, istirahat rezeki,” katanya.

Lebih jauh, Faank menyebut apa yang dirasakan personel Wali juga dirasakan band lain seumuran.

“Dan ternyata itu pun tidak cuma dirasakan oleh Wali. Banyak teman-teman yang satu angkatan, bahkan senior kita juga merasakan yang sama 'iya, kalau jarak yang terlalu jauh juga kadang-kadang nggak diambil,” pungkas Faank.