Bagikan:

JAKARTA - Mantan gitaris Megadeth, Kiko Loureiro membahas keputusannya untuk meninggalkan raksasa thrash metal asal AS itu saat tampil di podcast "Amplifica", yang dibawakan oleh mantan rekan bandnya di Angra, Rafael Bittencourt.

Menurut gitaris kelahiran Brasil itu, alasan dia memutuskan keluar dari band Dave Mustaine adalah "kebebasan".

Dia menggambarkan dirinya sendiri, seperti yang ditranskripsikan oleh situs web Confere Rock, sebagai seseorang yang "membutuhkan kebebasan," menjelaskan bahwa dia pergi ke Amerika Serikat untuk alasan yang sama di awal tahun 2000an, dan bahwa mendapatkan kebebasan setelah lebih dari delapan tahun bersama Megaderth adalah hal yang sangat penting.

“Dan sekarang, karena keadaan dalam hidup saya, saya mengambil kebebasan untuk memilih tidak berada di Megadeth,” kata dia.

"Karena itu adalah pilihan saya. Karena kebebasan adalah memilih di antara dua pilihan yang ada; itulah kebebasan."

Kiko juga mengungkapkan bahwa saat ini dalam hidupnya, dia akan memprioritaskan keluarga di atas segalanya. Dia menyebut dirinya hampir tidak menghadiri kelahiran putrinya Lívia setelah pulang ke rumah dari penampilan bersama Angra di festival Rock In Rio pada 2011.

Sementara itu, pada 2016, dia berangkat untuk tur Megadeth hanya 10 hari setelah putra kembarnya lahir. Jika dia dihadapkan pada keadaan yang sama hari ini, dia "tidak akan berada di panggung itu, berisiko kehilangan momen kehadiran Lívia," bahkan jika Rock In Rio adalah alasannya mulai bermain gitar.

Ia juga membenarkan bahwa ada situasi yang memerlukan perhatiannya di rumah, namun ia tidak membeberkan lebih detail mengenai hal tersebut.

Kiko mengaku merasa “nyaman” menjadi anggota Megadeth, menjelaskan bahwa sangat mudah untuk berada di posisi tersebut karena ada tim yang beranggotakan sekitar 20 orang yang mempersiapkan segala sesuatunya sehingga para anggota band tinggal datang dan bermain.

Kiko mengatakan, keadaan seputar kepergiannya telah dibahas secara terbuka, dan dia telah membicarakannya dengan Mustaine sejak Juni tahun ini. Dia mencatat dirinya bertanggung jawab untuk menemukan penggantinya di Megadeth, Teemu Mäntysaari (Wintersun, Smackbound), dan mengungkapkan bahwa dia mengirim video ke musisi Finlandia tersebut dan bertemu dengan Teemu dalam minggu-minggu menjelang tur akhir musim panas/musim gugur 2023 Megadeth untuk membuat transisi lebih mulus.

Awal bulan ini, Kiko mengumumkan keputusannya untuk "memperpanjang" cutinya dari aktivitas tur Megadeth, menjelaskan bahwa dia tidak ingin "menghalangi rencana band atau kerja keras semua orang luar biasa yang terlibat dalam tur."