Bagikan:

JAKARTA - Ringo Starr mengungkap perasaan emosionalnya dalam menciptakan lagu "terakhir" The Beatles yang akan datang, Now And Then.

Drumer legendaris ini bekerja sama dengan mantan rekan bandnya Paul McCartney untuk membuat lagu terakhir yang menampilkan keempat anggota The Beatles, dengan bantuan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Lagu tersebut akan dirilis secara global pada pukul 14.00 GMT, Kamis besok, 2 November.

John Lennon pertama kali menulis dan merekam demo Now And Then hanya dengan piano dan vokalnya pada akhir 70an.

Pada 1994, istri John, Yoko Ono memberikan rekaman tersebut kepada McCartney, George Harrison dan Starr.

Anggota yang masih hidup – bersama produser Jeff Lynne – merekam bagian-bagian baru dan menyelesaikan mixing-an kasar untuk Now And Then, tetapi “keterbatasan teknologi” membuat vokal dan piano Lennon tidak dapat dipisahkan untuk menghasilkan mixing yang cukup jelas.

Namun, McCartney dan Starr baru-baru ini dapat menggunakan teknologi yang sama untuk mengisolasi dan meningkatkan vokal Lennon yang digunakan untuk menyempurnakan audio dalam film dokumenter terkenal Peter Jackson, Get Back (2021), dan kemudian pada Revolver edisi remix tahun 2022.

Starr kini mengingat kembali proses penyelesaian single baru Beatles bersama McCartney.

“Dia menelepon saya dan mengatakan dia ingin mengerjakan Now And Then,” kenangnya (via Music News). “'Bagaimana menurut Anda?',” dia mengutip perkataan Macca. “'Menurut saya itu keren'.”

Starr melanjutkan: “Jadi dia menyalakan bassnya, dia mengirimkan file-file itu kepada saya. Saya memasang drum. Itu adalah saat terdekat kami untuk menerima dia [Lennon] kembali ke ruangan ini, jadi itu sangat emosional bagi kami semua.”

Sang drumer melanjutkan dengan mengatakan bahwa “sepertinya John ada di sana” bersama mereka di studio rekaman.