Bagikan:

JAKARTA - Ras Muhamad merilis album baru bertajuk Kaleidoscope Vol.1 pada 29 Oktober kemarin, bertepatan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-41.

Dengan evolusinya dari penyanyi reggae menjadi produser musik dan penulis lagu lintas genre, Ras Muhamad menghadirkan eksplorasi berbeda. Ada petualangan nuansa yang sebenarnya sudah lekat dengan dirinya sejak lama.

"Kaleidoscope Vol. 1 adalah tahap dan evolusi di mana Ras Muhamad melihat proyek tersebut sebagai perpaduan ramuan musik pop yang diadu dengan semangat metal dan sikap punk di dalam latar belakang hip hop," kata Ras Muhamad dalam keterangannya, Selasa, 31 Oktober.

Dari segi musik, Kaleidoscope Vol. 1 didominasi permainan gitar, di mana banyak lagu ditulis dan dimainkan Ras Muhamad sendiri.

Beragam warna gitar dan teknik menghiasi album ini, mulai dari gitarlele, gitar akustik, gitar elektrik dan juga seven string gitar dengan distorsinya.

Album ini juga menjadi begitu personal bagi Ras Muhamad. Pasalnya, dia mengangkat isu kesehatan mental, isu yang sudah lama menjadi perhatiannya.

Pengerjaan Kaleidoscope Vol. 1 oleh Ras Muhamad dirilis melalui Black Coral Music, label independen miliknya. Album ini digarap kurang lebih dua tahun dan terinspirasi dari kisah-kisah pribadi, pengalaman cinta, rentan, kegelapannya, dan juga masa pandemi.

Adapun, beberapa lagu dari album terbaru, seperti Like Summer dan Sand Castle, sudah dirilis Ras Muhamad beberapa waktu lalu sebagai sebuah single.

Kemudian, Radio Silence jadi single terbaru yang dirilis bertepatan dengan album Kaleidoscope Vol. 1.