<i>Wow</i>! Taylor Swift Resmi Jadi Miliarder!
Taylor Swift (Instagram @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Taylor Swift resmi menjadi miliarder, menurut laporan terbaru.

Pengumuman tentang kekayaan bintang pop tersebut muncul pada 26 Oktober dari Bloomberg yang merinci perkiraan kekayaan bersih sang bintang pop.

Tidak mengherankan jika Swift berhasil masuk ke wilayah miliarder – dengan serangkaian album baru, pertunjukan live, dan film konser terbarunya yang menjadi berita utama yang tak terhitung jumlahnya selama setahun terakhir dan memecahkan berbagai rekor dalam prosesnya.

Publikasi tersebut menggambarkan merek Swift sebagai “pada dasarnya adalah konglomerat multinasional dengan basis pelanggan paling setia di dunia”, dan melaporkan total kekayaan bersihnya sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Tidak diragukan lagi, sebagian besar kekayaan ini datang dari rangkaian rekaman ulang album penyanyi-penulis lagu yang dia buat dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas rekaman masternya.

Yang terbaru adalah perilisan ulang album 1989 pada Jumat kemarin dan diprediksi menjadi salah satu rekaman terlaris tahun ini (via The Independent). Album orisnal 1989 hadir sembilan tahun silam.

Sumber pendapatan besar lainnya bagi penyanyi ini adalah pertunjukan live-nya yang memecahkan rekor sebagai bagian dari tur 'Eras' yang sedang berlangsung.

Pertunjukan yang memenuhi stadion – yang dimulai pada Maret dan dijadwalkan berlangsung hingga akhir tahun depan – akan menjadi yang paling menguntungkan dalam sejarah musik.

Hal ini terjadi karena tanggal tayang diperkirakan akan mengumpulkan total 5,7 miliar dolar, yang akan cukup untuk menghasilkan 20 dolar bagi semua orang.

Tur yang memecahkan rekor ini juga mempunyai dampak yang signifikan terhadap perekonomian AS, dengan penjualan tiket, merchandising, dan perjalanan yang semuanya berkontribusi terhadap keseluruhan tur tersebut.

Perusahaan perangkat lunak QuestionPro menghitung bahwa setiap pertunjukan menghasilkan sekitar 93 juta dolar untuk perekonomian lokal.

Dampak dari tur ini juga terlihat sejak awal, ketika tiket pertama kali tersedia pada November lalu, Ticketmaster terpaksa menunda penjualan umum karena “permintaan yang sangat tinggi”.

Perkiraan kekayaan penyanyi tersebut juga akan terbantu berkat film konser tur 'Eras' yang tayang di bioskop global awal bulan ini. Menurut pembaruan yang dibagikan pada Senin pekan lalu, film tersebut meraup 164,8 juta dolar setelah dirilis pada 12 Oktober – menjadikannya saingan box office untuk Killers Of The Flower Moon karya Martin Scorsese.

Bloomberg juga melaporkan, Swift adalah salah satu dari sedikit artis yang mencapai status miliarder hanya dari musik dan pertunjukan – tanpa menghasilkan kekayaan dari peluncuran produk seperti alkohol, tata rias, atau lini pakaian.

Itu juga membagi kekayaan bersihnya ke dalam berbagai kategori, antara lain katalog musiknya mulai tahun 2019 dan seterusnya, termasuk album baru dan Taylor’s Versions yang direkam ulang (diperkirakan bernilai 400 juta dolar) serta penjualan tiket dan merchandise selama pertunjukan live (diperkirakan bernilai 370 juta dolar).

Sumber pendapatan lainnya termasuk streaming (120 juta dolar), lima properti pribadinya (110 juta dolar), dan royalti dari penjualan musik (80 juta dolar).