Bagikan:

JAKARTA - Ringo Starr menanggapi “rumor buruk” yang menyebut suara asli John Lennon tidak ditampilkan dalam single baru The Beatles, Now and Then.

Awal bulan ini, Starr dan Paul McCartney membagikan Now And Then – lagu terakhir The Beatles yang menampilkan keempat anggota asli Fab Four.

Lagu ini berasal dari demo tape yang direkam oleh mendiang Lennon dan diselesaikan dengan bantuan AI – yang mengangkat vokal sang penulis lagu dari rekaman awal dan memungkinkan anggota yang masih hidup untuk bekerja dengan mereka, ketimbang menciptakan kembali suara sang artis.

Starr sebelumnya mengatakan bahwa menurutnya proyek tersebut “indah” dan mengakui bahwa mengerjakan single tersebut “seperti mengembalikan John Lennon”.

Namun, dalam wawancara baru-baru ini dengan AARP, Starr meluangkan waktu sejenak untuk menghilangkan rumor tentang pembuatan lagu tersebut.

“Ada rumor buruk bahwa itu bukan John, tapi AI, omong kosong apa pun yang dikatakan orang,” katanya. “Paul dan saya tidak akan melakukan itu. Itu adalah lagu yang indah dan cara yang bagus untuk akhirnya menutup pintu itu.”

Musisi tersebut menegaskan kembali komentar sebelumnya yang dia buat kepada Variety. “Ini bukan karena AI,” katanya. “Bukannya kami berpura-pura. Itu sebenarnya adalah suara John, suara dan permainan bass Paul, George [Harrison] pada gitar ritem dan saya pada drum."