Kata Ringo Starr, Lagu “Terakhir” The Beatles dengan Bantuan AI Seharusnya Sudah Dirilis
The Beatles (Instagram @thebeatles)

Bagikan:

JAKARTA - Ringo Starr memberi kabar terbaru tentang lagu “terakhir” The Beatles – yang dibuat dengan bantuan AI (kecerdasan buatan) – dengan mengatakan bahwa lagu tersebut “seharusnya sudah dirilis”.

Lagu tersebut pertama kali dibocorkan oleh Sir Paul McCartney awal tahun ini, di mana dia mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa The Beatles akan merilis satu lagu “terakhir” pada tahun 2023.

Menurut sang musisi, dia meminta bantuan teknologi AI untuk mengerjakan lagu tersebut, yang memungkinkan dia untuk “merilis” rekaman demo dari mendiang anggota, John Lennon dan George Harrison, dan menyusunnya bersama dengan rekaman baru dari dirinya dan Ringo Starr untuk dibuat sebuah lagu, lebih dari empat dekade sejak kematian Lennon.

Kini, berbicara sebagai bagian dari wawancara baru dengan AP News, Starr mengungkap perkiraan tanggal rilis untuk lagu yang telah lama ditunggu-tunggu tersebut – menjelaskan bahwa lagu itu seharusnya sudah dirilis.

“Rumornya kami hanya mengada-ada. Sepertinya kami akan tetap melakukan itu… Ini adalah lagu terakhir, di mana Anda akan menampilkan empat Beatles di trek tersebut. John, Paul, George, dan Ringo,” kata Starr.

Ketika ditanya tentang kapan para penggemar dapat mendengar lagu tersebut atau mengetahui judulnya, dia menjawab: “Seharusnya lagu tersebut sudah dirilis.”

Ini bukan pertama kalinya Starr berbicara tentang lagu tersebut. Awal musim panas ini, sang drumer mengklarifikasi bahwa penggemar tidak perlu khawatir tentang lagu yang didominasi oleh AI, dan mengungkapkan bahwa hasil akhirnya terdengar “indah”.

“Ini bukan karena AI… Ini tidak seperti kita berpura-pura. Itu suara asli John, suara Paul dan permainan bassnya, George pada gitar ritemnya, dan saya pada drumnya,” ujarnya.

“Dua hal yang baru adalah bass Paul dan saya pada drum… Saya benar-benar mengerjakannya beberapa bulan yang lalu di sini. Dan itu berhasil,” tambahnya. “Ini lagu yang indah. Anda tahu, terlepas dari semua kegilaan yang terjadi di sekitarnya, trek ini tetap indah. Dan trek terakhir kami.”