Bagikan:

JAKARTA - Peter Jackson menyutradarai video musik pertamanya, menciptakan pengiring visual untuk lagu "terakhir” The Beatles yang telah lama ditunggu-tunggu.

Lagu yang sangat ditunggu-tunggu itu berjudul Now And Then dibuat setelah kedua anggota yang masih hidup, Ringo Starr dan Paul McCartney, kembali bergabung untuk membuat lagu yang menampilkan keempat anggota The Fab Four.

Lagu tersebut dibuat menggunakan demo yang direkam sebelumnya dari John Lennon, diselamatkan dengan bantuan teknologi AI (kecerdasan buatan), dan dijadwalkan untuk dirilis secara global pada pukul 14.00 GMT pada Kamis, 2 November.

Kini, dipastikan bahwa lagu baru tersebut akan hadir dengan video musik resmi, disutradarai oleh Peter Jackson dan terdiri dari arsip cuplikan The Fab Four.

Dibuat bersama Apple Corps Ltd., Capitol, dan UMe, proyek ini akan menandai video musik pertama yang dikerjakan sang sineas, dan melanjutkan karyanya pada serial dokumenter tahun 2021 tentang band ini, berjudul The Beatles: Get Back.

"Ketika Apple meminta saya untuk membuat video musik, saya sangat enggan – saya pikir beberapa bulan ke depan akan jauh lebih menyenangkan jika tugas rumit itu menjadi masalah orang lain, dan saya bisa menjadi seperti penggemar Beatles lainnya, menikmati penantian malam sebelum Natal seiring dengan semakin dekatnya perilisan lagu dan video musik baru Beatles,” ujarnya dalam siaran pers, menjelaskan bagaimana proyek tersebut muncul.

“Sejujurnya, memikirkan tanggung jawab untuk membuat video musik yang sesuai dengan lagu terakhir The Beatles yang pernah dirilis menghasilkan kumpulan kecemasan yang hampir terlalu besar untuk dihadapi,” tambahnya, sambil mengatakan bahwa dia kemudian memanfaatkan kekurangan rekaman yang relevan dari para anggota sebagai alasan untuk mencoba dan menghindari proyek tersebut.

“Video musik Beatles harus memiliki cuplikan Beatles yang bagus pada intinya. Tidak mungkin aktor atau CGI Beatles digunakan. Setiap pengambilan gambar The Beatles harus asli,” tambahnya.

Kekhawatiran ini dengan cepat diatasi, ungkap Jackson, membenarkan bahwa video musik tersebut akan menggabungkan cuplikan baru dari McCartney dan Starr, serta cuplikan berdurasi 14 jam yang baru ditemukan dari para anggota band pada tahun 1995.

“Saya mendapati diri saya terhanyut ketika mereka dengan cepat mengatasi kekhawatiran saya. Paul dan Ringo merekam penampilan mereka dan mengirimkannya kepada saya. Apple menemukan lebih dari 14 jam pengambilan gambar film yang telah lama terlupakan selama sesi rekaman tahun 1995, termasuk beberapa jam Paul, George dan Ringo mengerjakan Now And Then, dan memberikan semua itu kepada saya,” ungkapnya.

“Sean [Lennon, putra John] dan Olivia [Harrison, istri George] menemukan beberapa cuplikan film rumahan yang belum pernah dilihat sebelumnya dan mengirimkannya. Sebagai penutup, beberapa detik berharga dari penampilan The Beatles dalam setelan jas kulit mereka, film The Beatles yang paling awal diketahui dan belum pernah disaksikan sebelumnya, disiapkan dengan baik oleh Pete Best.”