Bagikan:

JAKARTA - The Rolling Stones menjadi artis pertama yang memiliki 10 album teratas di Amerika Serikat dalam setiap dekade sejak tahun 1960an.

Album baru mereka Hackney Diamonds memasuki tangga album Billboard 200 di Nomor Tiga pada pekan ini (31 Oktober), memperpanjang rekor band tersebut sebagai artis dengan 10 album teratas sepanjang masa, dengan total 38 album.

Di negara asalnya, The Rolling Stones sudah memegang rekor artis dengan album nomor satu terbanyak dalam beberapa dekade. Pada 2020, penerbitan ulang album mereka Goats Head Soup (1973) mencapai posisi teratas, menandai nomor satu dalam enam dekade terpisah, meskipun mereka tidak menduduki puncak tangga lagu pada tahun 2000-an di Inggris.

Hackney Diamonds, yang dirilis 20 Oktober, juga baru-baru ini mencapai puncak UK Albums Chart, peringkat ke-14 mereka secara keseluruhan. Band ini juga mendapat penghargaan BRIT Billion Award dari

British Phonographic Industry minggu ini karena telah mencapai tonggak pencapaian satu miliar streaming karier di Inggris.

Album ini menampilkan kontribusi dari Paul McCartney, Stevie Wonder, Elton John dan lainnya.

Billboard 200 adalah tangga album resmi AS, dan selain 38 posisi 10 teratas, The Rolling Stones juga mencetak total sembilan album nomor satu, termasuk Sticky Fingers, Exile on Main St., dan Tattoo You.

Tidak ada artis lain yang masuk dalam 10 besar untuk setiap dekade sejak tahun 60an, meskipun Barbra Streisand memiliki peluang untuk menyamai pencapaian tersebut jika dia mampu memasukkan albumnya ke dalam 10 besar sebelum akhir tahun 2020an.

Streisand juga memiliki 10 album teratas terbanyak kedua dengan total 34, dengan The Beatles dan Frank Sinatra berada di urutan ketiga dengan 32 album.