Mick Jagger: The Beatles Cuma Band Cover Blues ketika Pertama Terbentuk
Mick Jagger dan Keith Richards (Instagram @therollingstones)

Bagikan:

JAKARTA - Mick Jagger kembali menanggapi komentar Paul McCartney bahwa The Beatles adalah band lebih unggul dari The Rolling Stones.

McCartney melontarkan komentar tersebut dalam sebuah wawancara dengan Howard Stern tiga tahun lalu, ketika dia setuju dengan pernyataan sang pembawa acara bahwa bandnya lebih baik.

“[The Stones] berakar pada musik blues. Saat mereka menulis sesuatu, itu ada hubungannya dengan musik blues. Kami mempunyai pengaruh yang lebih besar,” kata McCartney.

“Ada banyak perbedaan, dan saya menyukai Stones, tapi saya bersama Anda. The Beatles lebih baik.”

Saat ditanya tanggapannya kala itu kepada Zane Lowe, Jagger berkata: “Lucu sekali. Dia seorang yang manis. Jelas tidak ada persaingan."

“Perbedaan besarnya, dan agak serius, adalah bahwa The Rolling Stones adalah band konser besar di dekade lain dan di wilayah lain ketika The Beatles bahkan tidak pernah melakukan tur arena, Madison Square Garden dengan sistem suara yang bagus," lanjut sang frontman.

"Mereka bubar sebelum bisnis itu dimulai, bisnis tur sebenarnya.”

Kini dalam wawancara barunya dengan The Times, Jagger kembali mengomentari perkataan McCartney.

“Dia mengatakan The Beatles lebih baik dari The Stones karena The Stones sebenarnya hanya sebuah band cover blues,” kata Jagger.

“Yah, The Beatles juga sebenarnya hanya sebuah band cover blues ketika mereka pertama kali terbentuk. Setiap band pada awalnya adalah band cover, karena begitulah kelanjutannya.”

Jagger kemudian menjelaskan bahwa setelah komentar McCartney, dia sering mengatakan ketika band sedang tur, bahwa “seseorang ada di antara penonton padahal sebenarnya tidak, untuk menciptakan momen besar, jadi saya pernah berkata, 'Paul McCartney ada di sini malam ini. Dia akan naik ke panggung dan memainkan beberapa lagu cover blues kami.”

Dia menambahkan: “Saya mengirim pesan kepada Paul untuk mengucapkan terima kasih atas komentarnya karena itu telah memberi saya banyak bahan komik.”

Nyatanya, McCartney tampil dalam lagu The Rolling Stones, Bite My Head Off, dari album baru mereka yang akan datang Hackney Diamonds. Album tersebut akan dirilis 20 Oktober.

Berbicara tentang penampilan McCartney dalam trek tersebut bermain bass, Keith Richards baru-baru ini mengatakan: “Paul kebetulan berada di kota…Dan kami tidak dapat menjauhkannya, berkati hatinya.

“Dan hei, jika Anda bisa mendapatkan salah satu The Beatles di jalur Anda, Anda tahu, Anda melakukannya.”

Dia juga mengatakan bahwa John Lennon dan George Harrison akan cocok dengan The Rolling Stones.