Bagikan:

JAKARTA - AMI Awards 2023 menghadirkan enam kategori baru yang beberapa waktu lalu telah diumumkan melalui akun Instagram resminya.

Syaharani yang mewakili Tim Sidang Kategorisasi AMI turut menyambut hadirnya enam kategori baru tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis, 21 September, Syaharani mengungkap rasa terima kasihnya karena telah diberi keleluasaan dalam menghadirkan kategori baru.

“Terima kasih untuk Mas Chandra dan AMI Awards juga, karena memberikan keleluasaan dari tahun ke tahun itu ada pengembangan genre bersama dengan sub-nya. Jadi, yang diapresiasi bisa semakin terangkul dan semakin banyak,” kata Syaharani.

Kemudian, Syaharani menjelaskan enam kategori baru tersebut. Dia menyebut keenam kategori tersebut sebenarnya sudah cukup lama diajukan, namun belum banyak karya yang bisa dinilai.

“Dari beberapa tahun lalu kita sudah sempat mengajukan, tapi memang karya-karyanya itu belum banyak kuotanya. Jadi, yang bikin orkestral itu sedikit, tapi sekarang semakin banyak. Ini tandanya perkembangan musik semakin baik,” ujar Syaharani soal kategori Karya Orkestral Terbaik.

Selain Karya Orkestral Terbaik, ada juga kategori Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik dan Album Alternatif Terbaik.

“Kita sepakat kalau perkembangan film Indonesia berjalan seiring dengan perkembangan musik Indonesia,” kata Syaharani soal kategori Album Film Scoring Terbaik.

“Ada Album Musikal Terbaik. Musikal ini disiplin ilmunya banyak bamget teermasuk makeup artist dan segala macam. Ini jadi salah satu yang dirangkul AMI Awards,” lanjutnya.

“Ada juga yang tadinya hanya karya biasa, sekarang sudah ada Album Alternatif Terbaik. Alternatif itu semakin tahun semakin banyak yang buat. Sekarang sudah mulai bersaing jumlahnya dengan pop,” kata Syaharani lagi.

Sementara itu, dua kategori baru yang lain didedikasikan untuk perkembangan musik koplo dan melayu yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

“Di sisi lain, untuk teman-teman dangdut, ada Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik. Jadi, lebih banyak lagi yang bikin dengan harapan produksi dan kualitasnya semakin bagus. Itu yang diharapkan dengan adanya penghargaan ini,” tutur Syaharani.

“Kemudian, ada juga Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik. Untuk Melayu, itu adalah salah satu inti musik Indonesia. Aku senang banget ada Melayu,” imbuhnya.

Berikut adalah enam kategori baru yang dihadirkan di AMI Awards 2023:

- Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik

- Karya Orkestral Terbaik

- Album Fim Scoring Terbaik

- Album Musikal Terbaik

- Album Alternatif Terbaik

- Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik

Sebagai informasi, AMI Awards 2023 akan digelar pada 8 November mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.