AMI Awards 2020 Punya 53 Kategori dan 2 Penghargaan Khusus
AMI Awards 2020 (AMI Awards)

Bagikan:

JAKARTA - Acara penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2020 kembali digelar. Sebagai penghargaan tertinggi di industri musik, acara ini selalu memberikan apresiasi terhadap bintang baru maupun legenda kenamaan Indonesia.

Dengan tema Musik Menyatukan Kita, AMI Awards ingin mengajak para musisi dan pegiat musik untuk terus semangat dalam berkarya di tengah situasi ini.

Hari ini, Rabu, 21 Oktober, pihak AMI Awards 2020 mengumumkan seluruh nominasi mulai dari genre dangdut hingga hip hop. Tahun ini, AMI Awards mengalami peningkatan entri yakni 50 persen dengan total 2971 karya.

"Kami sangat bersyukur bahwa pandemi tidak menghentikan para seniman musik untuk berkarya. Justru di tengah keterbatasan dan diharuskan untuk tinggal di rumah saja, kreatifitas meningkat," kata Dwiki Dharmawan selaku Ketua Umum YAMI (Yayasan Anugerah Musik Indonesia) pada acara konferensi pers virtual di hari yang sama.

Dalam proses seleksi, YAMI terbagi menjadi dua keanggotaan, yaitu Anggota Reguler dan Anggota Swara.

Perihal kategori, penghargaan AMI Awards 2020 masih mengadopsi persyaratan terdahulu yaitu nominasi akan dibuat ketika ada lima entri yang masuk ke dalam genre tersebut.

Terdapat 53 kategori serta 2 penghargaan khusus yang diberikan kepada musisi dan pegiat musik Indonesia. Dua penghargaan khusus itu adalah Legenda Musik Indonesia dan Lifetime Achievement.

Sejumlah nominasi menghadirkan berbagai musisi lintas generasi. Tiara Andini, salah satu penerima nominasi merasa bangga dan senang dengan nominasi yang ia dapatkan yaitu Artis Solo Wanita Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik.

"Padahal aku baru aja keluar dari ajang dan memunculkan karya yang bisa diterima positif oleh penikmat musik Indonesia," kata Tiara Andini dijumpai pada acara konferensi pers virtual AMI Awards 2020.

Daftar nominasi lengkap AMI Awards 2020 bisa dilihat di sini.