<i>Wah</i>! Joe Satriani, Steve Vai, dan Eric Johnson Gelar Tur Reuni G3 Tahun Depan
Steve Vai, Joe Satriani, dan Eric Johnson reuni G3 (Tangkapan layar YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Joe Satriani, Steve Vai, dan Eric Johnson akan bersatu kembali awal tahun depan, hampir tiga dekade setelah mereka meluncurkan salah satu konser gitar paling berpengaruh pada tahun 1996, G3.

Tur G3 pertama kali disusun pada tahun '95 oleh Satch, yang - setelah menunjuk Vai dan Johnson untuk acara perdananya pada tahun berikutnya - terus mengatur dan memimpin berbagai tur lanjutan sepanjang abad ke-20 dan ke-21 dengan banyak pahlawan gitar berkelas A.

Selama bertahun-tahun, Satch terus menggunakan jasa Vai dan Johnson, dan telah berbagi panggung dengan pemain paling terkenal dari generasi ini, termasuk John Petrucci, Paul Gilbert, Neal Schon, Yngwie Malmsteen, Steve Lukather, Uli John Roth dan banyak lagi. lagi.

Secara total, ada 13 tur konser G3, yang masing-masing menjadi sumber dari beberapa hubungan gitaris terbaik dalam sejarah – serta beberapa permintaan panggung aneh yang dibuat oleh Robert Fripp pada tahun 2004.

Namun, untuk G3 2024, Satch telah kembali ke akar konser ini, merekrut dua gitaris yang pertama kali membantunya meluncurkan konsep tersebut 28 tahun lalu.

“Menyatukan kembali line-up G3 yang asli adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya,” kata Satriani dalam pernyataannya. “Saya tidak sabar untuk naik panggung bersama Eric dan Steve lagi.”

Sementara itu, Johnson mengatakan “Suatu kehormatan untuk bersatu kembali dengan Joe dan Steve dan melakukan tur G3 bersama-sama lagi.

Senada, Vai mengatakan “Selalu merupakan suatu kehormatan untuk berkontribusi pada tur G3, dan bersama Joe. dan Eric kembali bermain di panggung seperti menjalani hidup sepenuhnya.”

Direncanakan akan dimulai awal tahun depan, tur ini akan berlangsung pada Januari dan Februari, dimulai di Arizona pada 23 Januari dan berakhir di LA pada 10 Februari. Pada saat artikel ini ditulis, belum ada kabar resmi mengenai calon bintang tamu.

Jika terjadi, G3 2024 akan menandai momen lingkaran penuh yang signifikan bagi ketiga gitaris tersebut. Memang benar, G3 adalah salah satu kolaborasi fretboard gitar yang paling terkenal dan berpengaruh, dan merupakan tur gitar-sentris yang paling lama berjalan.

Ini menjadi semacam ziarah gitar bagi banyak penggemar – dan sesuatu yang diketahui oleh trio arisinal G3 akan menjadi hit di kalangan gitaris.

“Saya langsung mengiyakan,” kata Vai baru-baru ini kepada Guitar Player ketika ketiga gitaris orisinal G3 duduk bersama tahun lalu. “Saat Joe memberi tahu saya tentang apa yang ingin dia lakukan, saya ikut serta. Dan itu menggantikan rencana lain yang mungkin saya miliki, karena konsepnya terasa segar.

“Ditambah lagi, itu adalah sesuatu yang menurut saya diperlukan dalam komunitas gitar pada saat itu. Idenya sungguh luar biasa.”

Johnson memiliki sentimen serupa: “Saya merasakan hal yang sama. Kedengarannya seperti ide baru pada saat itu. Saya ingat manajer saya berkata, 'Saya suka ini. Kedengarannya sangat berbeda dan keren.'”