Terungkap! The Cure Jadi Inspirasi Red Hot Chili Peppers Saat Menulis Lagu <i>Californication</i>
Red Hot Chili Peppers (Instagram @chilipeppers)

Bagikan:

JAKARTA - Inspirasi utama di balik album Red Hot Chili Peppers yang bagus adalah tentang bersenang-senang. Sejak hari pertama, aliran Anthony Kiedis, dipadukan dengan energi besar dari Flea di belakang bass, menghasilkan beberapa penampilan paling elektrik dalam sejarah rock, saat band ini membuat terobosan untuk menjadi legenda musik dengan mahakarya seperti Blood Sugar Sex Magik.

Ketika band ini mulai menyatukan kembali segalanya setelah kepergian John Frusciante, RHCP mendapatkan salah satu hits terbesar mereka dari mendengarkan sisi gelap musik rock.

Dibandingkan dengan semangat magnum opus mereka, Californication adalah album yang jauh lebih bernuansa. Karena para anggota RHCP harus mengatasi kecanduan narkoba yang parah sebelum pembuatan album ini dimulai, banyak lagu yang mencerminkan sikap lapuk tersebut, mulai dari karya narkoba Kiedis, Otherside, hingga suara lembut dari Porcelain dan Road Trippin yang lebih dekat.

Meskipun RHCP tidak pernah dikenal sebagai salah satu band paling liris di dunia, judul lagunya memberikan kritik besar-besaran terhadap apa yang dimaksud California di benak orang-orang yang tinggal di Hollywood. Terbentuk di kepala Kiedis saat menulis lirik, lagu tersebut memiliki serangkaian lirik yang menggambarkan apa yang terjadi di pinggiran masyarakat Amerika, di mana impian seseorang dapat dicapai secara instan dan direnggut hanya beberapa saat kemudian.

Tim Coffman dari Far Out Magazine mengungkap, meskipun lagu tersebut memiliki fondasi yang bagus untuk dikerjakan, Frusciante tidak dapat menemukan tulang punggung musik apa pun yang cocok dengannya. Saat dia keluar dari band ini, sang gitaris mulai memulihkan keadaan, mengatasi kecanduan heroin dan harus membangun kemampuannya kembali karena dampak besar obat tersebut terhadap ketangkasan dan keterampilan motoriknya.

Meskipun band ini terkenal dengan lagu-lagunya yang berenergi tinggi, Frusciante menemukan kunci dari lagu tersebut dengan mendengarkan produksi The Cure yang minimalis. Saat mendiskusikan pembuatan lagu tersebut, Frusciante mengenang, “Saya sedang mendengarkan lagu ini, instrumentalnya berdurasi 25 menit. Jika didengarkan, bunyinya persis seperti Californication. Itu nada yang berbeda, tapi ritmenya sama, perasaannya sama.”

Lagu yang dimaksud, berjudul Carnage Visors, adalah bagian dari kumpulan awal lagu Cure sejak album ketiga mereka, Faith. Menampilkan rangkaian elektronik yang panjang dan berlarut-larut yang tersebar selama 28 menit, gaya synthesizer utama hampir diambil kata demi kata untuk figur gitar RHCP.

Karena ini adalah pertama kalinya band ini mengerjakan musik yang berhubungan dengan materi pelajaran yang serius, secara mengejutkan suara Robert Smith bekerja dengan sangat baik. Dengan menjaga aransemennya tetap jarang, licks gitar Frusciante yang halus memungkinkan bass Flea melakukan sebagian besar beban berat, menambahkan sedikit perkembangan saat Kiedis mulai memperingatkan calon bintang Hollywood tentang apa yang akan mereka hadapi.

Frusciante akan mengatakan bahwa The Cure sangat menonjol di sebagian besar proyek, menjelaskan, “Bagi saya, musik dalam Californication, sebagian besar sangat dipengaruhi oleh The Cure, dan tidak ada kritikus yang membahas hal itu. Ini Seventeen Seconds dan Faith. Kedua album itu berpengaruh pada Flea dan saya sendiri ketika kami membuat Californication, dan saya sering mendengar album-album itu ketika mendengarkannya kembali.”

Meskipun energi funk dari RHCP terasa paling jauh dari artistik post-punk dan goth rock, nada gitar Frusciante yang bersih tidak akan terasa aneh pada karya awal Robert Smith, memiliki kualitas atmosfer yang sama. dalam lagu seperti A Forest. RHCP mungkin memiliki jalur funk rock, tetapi siapa pun yang ingin menyentuh emosi mereka akan mengambil sesuatu dari The Cure, entah mereka menyadarinya atau tidak.