Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi sekaligus pencipta lagu Jevin Julian ikut menyoroti persoalan royalti yang kembali banyak dibicarakan oleh pencipta lagu belakangan ini.

Jevin Julian melihat royalti sebagai sumber pemasukan pencipta lagu bisa datang dari banyak tempat.

"Untuk gua, sebagai musisi yang mempunyai lagu, royalti itu bisa didapati dari banyak hal," kata Jevin Julian di Sudirman, Jakarta pada Selasa, 12 September.

Suami Rinni Wulandari itu tidak mempermasalahkan jika lagunya dibawakan penyanyi lain, bahkan dibawakan dalam konser sekalipun.

Satu hal yang akan menjadi masalah ketika lagu ciptaannya diakui orang lain.

"Orang yang mau cover lagu, live music di sebuah kafe dan orang membawakan lagu gua saat manggung, buat gua itu nggak masalah sama sekali sebenarnya," ujar Jevin.

Dia melihat apa yang dilakukan orang dengan menyanyikan lagu ciptaannya justru mempromosikan dirinya sebagai seorang pencipta lagu.

"Jadi, menurut gua itu adalah promosiin gua juga, gua senang, berarti disukai sama orang dan dikenal orang. Cuma satu sih, jangan diakuin," katanya.

Jevin pun menghimbau siapa pun yang meng-cover atau membawakan lagunya untuk tidak lupa mencantumkan kredit bahwa itu adalah lagu ciptaannya.

"Tolong diberi tahu aja, ini lagu Jevin. Setelah itu, lu mau bawain nggak masalah sama sekali," tuturnya.

Terlepas dari pandangannya itu, Jevin mengaku banyak orang yang menghubunginya untuk meminta izin membawakan lagu-lagunya.

"Ada, iya (langsung gua izinin). Tapi jangan sampai diakuin aja, pasti punya etika lah. Nggak mungkin dong lu bawain lagu gua terus lu bilang buat sendiri. Itu baru bermasalah buat gua," pungkas Jevin Julian.