Bagikan:

JAKARTA - Pentolan Radiohead, Thom Yorke, mengungkapkan bagaimana dia belajar menerima suara yang mirip dengan Neil Young.

Dalam kutipan dari buku Jason Thomas Gordon yang akan datang, The Singers Talk (melalui Rolling Stone), sang vokalis membahas bagaimana dia mengasah suara khasnya dengan bantuan Young dan Jeff Buckley.

Yorke menceritakan dirinya selalu merasa bahwa vokalnya “sangat tinggi atau canggung”. Pada usia 18 tahun, dia membuat demo dan mengirimkannya ke sebuah majalah yang membuatnya mendapat ulasan bagus dan mendapat tanggapan: “'Siapa orang ini? Dia terdengar seperti Neil Young!’”

“Saya bertanya, 'Siapa Neil Young?'” kenang Yorke. “Saya bahkan belum pernah mendengar Neil Young, jadi saya keluar dan membeli After The Gold Rush dan berkata, ‘Wow! Tidak apa-apa terdengar seperti itu?’ Karena dia sedikit lebih tinggi dari saya, tapi ada kelembutan dan kenaifan dalam suaranya yang selalu saya coba sembunyikan. Lalu, rasanya seperti, 'Oh, mungkin saya tidak perlu menyembunyikannya.'”

Dia juga menjelaskan bagaimana Buckley membantunya menerima dan merasa nyaman dengan suaranya. “Saat kami sedang mengerjakan album kedua [The Bends], saya menemui Jeff Buckley sebelum dia meninggal,” katanya. “Sekali lagi, pertanyaan itu keluar dari saya. 'Tidak apa-apa melakukan itu?'."

Yorke menceritakan bahwa dia menjaga suaranya tetap bugar dengan pemanasan vokal sebelum pertunjukan serta membawa ahli kiropraktik dalam tur untuk menyelaraskan kembali tulang punggungnya ketika suaranya terasa kaku.

“Sungguh perasaan yang luar biasa ketika suara Anda terbuka seperti itu,” katanya. “Itu masalah mental. Tapi ini yang terjadi ketika Anda sering melakukan tur, Anda harus meminta seseorang untuk memperbaiki Anda jika Anda melakukan hal yang sama seperti saya.”