Ini Dia Penulis Lirik yang Disebut David Gilmour "Terbaik"
David Gilmour (Instagram @david gilmour)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun David Gilmour terkenal karena karyanya pada gitar, dia juga seorang penulis lirik yang ulung, sesuatu yang telah dia tunjukkan sepanjang kariernya bersama Pink Floyd dan sebagai artis solo. Mengambil petunjuk dari beberapa penyair terbaik di luar sana, pria asli Cambridge ini membentuk pendekatan khasnya sendiri terhadap komposisi lirik.

Namun, ada satu artis tertentu yang memiliki pengaruh luar biasa pada Gilmour: dia adalah mendiang Leonard Cohen. Khususnya, orang Kanada ini adalah salah satu pembuat kata-kata musik terbaik yang pernah ada, dengan argumen kuat bahwa Cohen mengambil posisi teratas atas Bob Dylan sebagai penulis lagu paling berbakat dalam lirik di dunia. Dia adalah seorang pria yang secara konsisten menyimpan banyak karya mengesankan hingga dia meninggal pada tahun 2016.

Lagu-lagu seperti Songs of Leonard Cohen, Death of a Ladies' Man, dan Recent Song termasuk di antara karya-karya terbaiknya, tetapi mungkin paling dikenal di kalangan mainstream. untuk lagu Hallelujah, yang dibuat oleh Jeff Buckley pada dekade berikutnya.

Pada tahun 2021, Gilmour berbicara kepada Rolling Stone tentang menampilkan pilihan lagu Leonard Cohen selama streaming langsung pandemi, termasuk Marianne, If It Be Your Will, dan So Long. Di sini, personel Pink Floyd itu menguraikan betapa hebatnya Cohen sebagai gitaris sebelum menyatakan bahwa dia adalah “penulis lirik terbaik” yang dapat dia pikirkan.

“Satu hal yang saya pelajari adalah betapa bagusnya dia sebagai pemain gitar. Anda cenderung menganggap penyanyi-penulis lagu sebagai orang yang hanya menggunakan iringan gitar untuk membawakan kata-kata yang mereka lakukan, namun Leonard adalah pemain gitar yang benar-benar berprestasi dalam hal-hal fingerstyle yang tidak dapat saya lakukan. Dan, tentu saja, dia adalah penulis lirik terbaik yang saya kenal,” kata Gilmour seperti dikisahkan penulis Arun Starkey di Far Out Magazine.

Ini bukan pertama kalinya Gilmour memberikan pujian setinggi-tingginya kepada Leonard Cohen. Pada tahun 2000, ia tampil dalam webcast dan ikut serta dalam percakapan seputar Pink Floyd dan karier solonya. Suatu ketika, penyanyi lagu Wish You Were Here itu diminta menyebutkan single favoritnya di tahun 1990-an. Dia memilih Closing Time (1992) dari Leonard Cohen.

"Saya menghabiskan banyak waktu untuk mencoba menganalisis lirik tersebut," jelasnya.

Saat berbicara dengan Dotmusic dua tahun kemudian, Gilmour diminta menjelaskan penamaan Closing Time sebagai single favoritnya dari dekade sebelumnya. Menyebutkan lagi lirik lagunya, ia pun menyebut album asalnya, The Future, “hebat”.

“Itu adalah album hebat dari Leonard Cohen. Saya sangat menyukai keseluruhan album dan lagu itu. Saya menghabiskan banyak waktu mencoba menganalisis apa arti liriknya,” tutur Gilmour.

Dengarkan Closing Time oleh Leonard Cohen di bawah ini.