Terungkapnya Detail Penyebab Kematian Christine McVie dari Fleetwood Mac
Christine McVie (Instagram @christinemcVieofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut The Blast, Christine McVie, vokalis dan kibordis Fletwood Mac, meninggal November lalu karena stroke berat, setelah didiagnosis menderita kanker agresif.

The Blast memperoleh salinan sertifikat kematian McVie, yang menunjukkan bahwa dia didiagnosis dengan "keganasan metastatik yang tidak diketahui asal mulanya", yang pada dasarnya berarti kanker telah menyebar di tubuhnya di mana sumber utama atau tumor tidak terdeteksi.

National Institute of Health menggambarkannya sebagai, "tumor metastatik yang tempat asalnya tidak disarankan oleh riwayat menyeluruh, pemeriksaan fisik, studi rontgen dada, studi darah dan urin rutin, dan evaluasi histologis."

Penyebab utama meninggalnya McVie dikatakan sebagai "stroke iskemik", sedangkan kanker terdaftar sebagai penyebab sekunder.

Jenis stroke khusus ini digambarkan sebagai "gumpalan darah menyumbat atau mempersempit arteri yang menuju ke otak.

Gumpalan darah sering terbentuk di arteri yang rusak akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Hal ini dapat terjadi di arteri karotis leher seperti serta arteri lainnya." Ini adalah jenis stroke yang paling umum.

Sertifikat kematian, yang disertakan dalam dokumen pengadilan mengungkapkan McVie juga menderita "fibrilasi atrium," sering disebut AFib, yang merupakan "jenis aritmia jantung yang paling umum dirawat. Aritmia adalah ketika jantung berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau dengan cara yang tidak teratur."

Pada Juni 2022, McVie memberi tahu Rolling Stone bahwa dia menderita skoliosis dan berusaha untuk "memulihkan punggung saya dan membuat diri saya menjadi bugar lagi."

Penyanyi-penulis lagu Inggris itu meninggal dengan tenang di sebuah rumah sakit ditemani keluarganya, kata sebuah pernyataan. Dia berusia 79 tahun.

McVie meninggalkan Fletwood Mac pada tahun 1998 setelah 28 tahun tetapi bergabung kembali dengan band ini pada tahun 2014.

Ia menulis atau ikut menulis beberapa lagu Fleetwood Mac yang paling berkesan, termasuk lagu klasik dalam album Rumors, yakni Don't Stop dan You Make Loving Fun, serta Hold Me, Little Lies, Everywhere, dan Over My Head.

Sang vokalis dilantik di Rock And Roll Hall Of Fame bersama Fleetwood Mac pada1998.