Fenomena TikTok yang Cetak Nama-Nama Baru di Industri Musik
Dixie dan Charli D'Amelio (Instagram @charlidamelio)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial asal Tiongkok, TikTok menjadi salah satu aplikasi paling populer di tahun 2020.

Pandemi COVID-19 yang muncul di Negeri Tirai Bambu sejak tahun lalu  membuat masyarakat berusaha mencari sesuatu yang baru, salah satunya media sosial. Banyak hal yang terjadi sepanjang tahun 2020 berkat hadirnya TikTok.

Mengutip Variety, Jumat, 18 Desember, TikTok tidak hanya melahirkan musisi baru tetapi juga menghadirkan musisi lama dengan hits mereka yang awalnya terdengar asing. Salah satunya lagu Dreams milik Fleetwood Mac yang digunakan 610 ribu video di TikTok.

Rilisan Lama

Kepopuleran Dreams bermula dari video seorang pria bernama Nathan Apocada dengan username @420d0ggface208. Ia mengunggah video dirinya sedang minum jus cranberry sambil mendengarkan Dreams dari Fleetwood Mac. Video itu mendorong pentolan Fleetwood Mac, Mick Fleetwood untuk mengunggah video serupa. Apocada lantas mendapat donasi untuk orang tuanya dan untuk memperbaiki kendaraannya.

Selain itu ada It’s Tricky dari grup hip hop Run DMC yang telah digunakan dalam 4,2 juta video. Lagu yang dirilis pada 1987 ini mulai populer setelah pengguna TikTok membuat video berisi orang-orang yang harus memilih dua pilihan yang tertera.

Ada pula lagu I'm Just a Kid milik Simple Plan yang sempat heboh setelah seorang pengguna membuat transisi masa sekarang dengan foto masa kecilnya. Anggota Simple Plan pun meraih sertifikat platinum meski lagunya dirilis pada 2002.

Sementara itu, rapper masih mendominasi media sosial yang satu ini di mana Megan Thee Stallion meraih peringkat pertama sebagai artis TikTok paling populer. Berkat lagu WAP yang ia rilis bersama Cardi B, ia meraih total streaming dan jumlah view paling banyak dalam waktu singkat. Setelah itu ada Doja Cat yang juga viral lantaran lagunya banyak digunakan di aplikasi TikTok.

Lagu Rap dan Hip Hop Jadi Juara

Lagu-lagu Doja Cat dari album Hot Pink yang diluncurkan pada tahun 2019 terus mengalami peningkatan streaming berkat TikTok. Kemudian ada mendiang rapper Pop Smoke, DaBaby, dan Roddy Ricch yang mendapat peringkat pertama di tangga lagu Billboard karena banyaknya pengguna TikTok menggunakan lagu mereka dalam video yang diunggah.

Berbicara tentang lagu viral, tentunya Toosie Slide dari Drake menjadi lagu dengan total streaming paling besar. Lagu ini meraih satu milyar view dalam waktu tiga hari. Kabarnya, Drake membuat lagu Toosie Slide agar banyak digunakan dalam platform tersebut.

Kemudian ada WAP dari Cardi B dan Megan Thee Stallion dengan total 93 juta streaming di Amerika Serikat. Uniknya, di antara 10 trek paling populer, beberapa rilisan lama seperti Say I Yi Yi dari Ying Yang Twins dan Where Is The Love? Dari Black Eyed Peas banyak didengarkan pengguna.

Talenta Baru di TikTok

TikTok menjadi salah satu platform untuk menemukan musisi baru. Beberapa artis yang menandatangani kontrak dengan label musik antara lain adalah Claire Rosinkranz, Dixie D’Amelio, Powfu, Priscilla Block, dan Tai Verdes. Singkatnya: viral, masuk ke tangga musik internasional, memulai karier profesional dan meningkatkan brand recognition.

Adapun rapper 24kGoldn mulai berkarier di tahun 2017 tetapi baru dikenal saat ia merambah ke dunia TikTok. Hal ini juga terjadi kepada rapper Flo Milli Sech dengan Beef Flomix. Lagu Flo Milli Sech banyak diputar dalam unggahan video di TikTok meski ia tidak aktif di aplikasi ini.

"Di TikTok, kami membagikan passion komunitas kami untuk musik dan kami berdedikasi memberikan platform di mana artis dan penggemar bisa berinteraksi. Sangat menginspirasi untuk membawa talenta baru terdepan, membantu lagu-lagu naik di tangga musik, dan menggunakan musik untuk menciptakan kebahagiaan di tengah situasi seperti ini," kata Ole Olbermann, Direksi TikTok Global dikutip dari Forbes.

Lagu yang viral di TikTok tidak memiliki aturan. Lagu itu bisa dirilis dari tahun kapan pun, genre apapun, dan artis siapa pun. Jadi, siapa saja bisa terkenal melalui TikTok.

Berikut daftar musisi baru yang menguasai layanan TikTok:

24kGoldn

Flo Milli Sech

ppcocaine

The Kid Laroi

Avenue Beat

Curtis Waters

347aidan

Fousheé

Tate McRae

Tai Verdes

ZaeHD & CEO

Blu DeTiger

Corpse

Natalie Taylor