Bagikan:

JAKARTA - Penampilan Nayl Author di Indonesian Idol 2023 lagi-lagi viral di media sosial. Ini terjadi berkat aksinya membawakan Smells Like Teen Spirit milik Nirvana pekan lalu.

Namun, sayangnya, penampilan Nayl di Spectacular Show 7 itu mendulang respons berbeda dari sebagian juri. Penyanyi asal Bandung itu dikritik Maia Estianty akibat suaranya dianggap tidak maksimal.

"Sori, malam ini kamu pas-pas aja Nayl. Kamu harus belajar di nada rendah kamu untuk lebih menstabilkan lagi. Karena menurut aku ini lagunya tuh bisa dibawa lebih indah lagi," tutur Maia.

"Kamu harus belajar lebih banyak sama idola kamu, Steven Tyler (Aerosmith, Red)," lanjut Maia.

David Bayu, juri Indonesian Idol lainnya, lantas menyanggah komentar mantan personel duo Maia itu.

"Bicara soal grunge yang indah tuh bagaimana?" tanya David.

"Masuk di Indonesian Idol membawakan lagu Nirvana tuh jarang-jarang. Gua ekspresif aja dengan stage act-nya (Nayl) yang gokil. Secara vokal juga bukan grunge aja, tapi digabungkan dengan heavy metal. Kenapa gua berdiri sendiri? Karena penampilannya keren malam ini," tambahnya.

"Walaupun vokalnya pas aja, tapi ya namanya nyanyi grunge mau bagaimana lagi," ucapnya.

Melihat kejadian itu, VOI berinisiatif untuk meminta tanggapan dari salah satu pelaku musik grunge di Tanah Air, Che dari Cupumanik.

Che mengatakan, yang dimaksud Maia membawakan lagu grunge dengan indah itu mungkin dengan cara bernyanyi yang mendekati vokalis Nirvana, Kurt Cobain.

"Maia sebenarnya berharap Nayl bisa menyanyikan lagu Smells Like Teen Spirit lebih indah lagi dari itu. Grunge yang indah menurut Maia, mungkin yang bisa bernyanyi mendekati Kurt Cobain dengan suara parau berkarat, bukan dengan nada tinggi melengking seperti Steven Tyler," jelas Che.

Tapi, ia menambahkan, karakter vokal Nayl yang memiliki jangkauan nada melebar justru membuat lagu ini jadi terasa lebih segar.

"Komposisi musiknya asik, membuka lagu dengan nuansa murung ala grunge, dan komposisi pembuka yang gelap serta aransemen itu menjadi kontras dengan lagu aslinya yang sejak awal sudah agresif," lanjutnya.

"Nuansa gelapnya terasa di awal, lalu tensi meninggi sampai klimaks di akhir lagu. Stop and go dynamic-nya terasa. Hanya karakter vokal Nayl memang lebih cocok ke wilayah vokal heavy metal. Suaranya melengking tinggi, sementara karakter grunge itu murung, kotor, dan kasar," imbuhnya.

"Tapi, Nayl punya kemampuan jelajah nada vokal yang tinggi, itu kelebihan dia. Dan positifnya, lagu Smells Like Teen Spirit seperti menjadi makhluk baru, makhluk hibrida antara grunge dan heavy metal," pungkasnya.

Sayangnya, pada babak Spektakuler Show, Senin malam, Nayl yang membawakan lagu ST12, Cari Pacar Lagi, harus tersingkir.