Kepuasan Avhath Terhadap Remedy Waloni dalam Return To Sender
Grup Band Avhath (Dok. Avhath)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berkutat sekian waktu akhirnya para personel grup band Avhath bisa bernapas lega. Karya terbarunya bersama Remedy Waloni bertajuk Return To Sender bisa direlease untuk penikmat musik. Tidak biasannya, tembang ini berdurasi cukup panjang dari kebanyakan tembang pada umumnya, hampair 10 menit.

Dalam sebuah wawancara dengan New Musical Express (NME) Asia pada 2021, Ekrig --vokalis Avhath-- pernah menyatakan, ia memiliki ketertarikan untuk menggarap materi Avhath bersama Remedy Waloni (The Trees & the Wild). Karena ia selalu mengagumi pendekatan yang Remedy terapkan dalam menulis maupun memproduseri sebuah lagu. Pada akhirnya angan itu terwujud dengan single baru berjudul Return to Sender dengan sebuah komposisi lagu berdurasi hampir 10 menit.

Workshop

Sepanjang pertengahan 2021 hingga akhir 2022, Avhath dan Remedy menjalankan workshop, rekaman demo, meninjau materi, bereksperimentasi, hingga akhirnya merekam karya mereka di studio. Semua proses itu dilakukan agar kedua pihak menemukan titik di mana visi masing-masing terhadap Return to Sender ini tersalurkan dan menghasilkan sebuah output yang kaya akan dinamika.

Remedy Waloni pun menyampaikan kontribusinya dalam proses penggarapan lagu Return to Sender. "Setelah Avhath pertama kali memperdengarkan draft Return to Sender, gue hanya mencoba untuk membantu mereka memproduksi lagu tersebut sealami mungkin,” ujarnya.

Reynir Fauzan menambahkan, ia sangat senang bisa bekerja sama dengan Remedy Waloni. “Sangat senang bisa bekerja sama dengan Remedy sebagai co-producer. Return to Sender cukup menggambarkan pendewasaan Avhath selama 10 tahun dari segi musikalitas maupun chemistry. Secara pribadi, gue pun melihat momentum ini sebagai awal dari babak baru Avhath," tutur Reynir, gitaris Avhath.

Tak sampai di situ, Ekrig pun mengatakan, lagu ini memiliki kompleksitas berkat hasil penggarapannya dengan Remedy Waloni.

“Runtime lagu menunjukkan bahwa kami bersenang-senang saat mengerjakannya. Terlepas menjadi lagu terpanjang Avhath, kami merasa lagu ini memiliki flow yang baik. Return to Sender merupakan sebuah perjalanan melalui kompleksitas, sebuah pengalaman yang dihadirkan sebagai hasil eksperimentasi Avhath dan Remedy,” ungkap Ekrig.

Sebagai informasi, Return to Sender adalah sebuah pendekatan baru bagi Avhath dari segi struktur, tekstur suara, metode rekaman, dan lainnya yang dilakukan berbeda dari karya-karya sebelumnya.