Bagikan:

JAKARTA - Steve Vai membahas proses rekaman album Skyscraper dari David Lee Roth dalam sebuah wawancara dengan Eonmusic.

Mengingat kembali bagaimana dia dan David - yang sama-sama memproduseri album itu tetapi tidak memiliki pengalaman menjadi produser musik rock - sang gitaris juga mengungkapkan bahwa solo gitar pada rilisan 1988 itu sebagian besar berasal dari demo karena David menyukainya.

Skyscraper, album penuh kedua David sejak meninggalkan Van Halen pada 1985, membuat frontman flamboyan ini bereksperimen dengan sound-sound yang lebih kontemporer dibandingkan dengan album debutnya, Eat 'Em and Smile (1985).

Album ini sekaligus juga menandai pertama kalinya David duduk di kursi produser, bersama Steve.

Pembicaraan tentang Skyscraper muncul ketika Steve membahas album VAI / GASH (direkam tahun 1991) yang baru saja dirilis melalui Mascot Label, dan perbedaannya dengan pengalamannya di studio pada dua album David.

"Dave dan saya benar-benar (jadi tim) forensik, karena ini adalah produksi pertamanya, dan dia memiliki telinga yang bagus, tetapi kami mungkin kekurangan produser yang membuat rock dan memutar album sebagai karier," kata Steve dikutip dari Blabbermouth, Jumat.

"Album itu berbeda, Ted Templeman [produser Van Halen dan album Eat 'Em And Smile] hanya, seperti, 'Baiklah, ayo lakukan', dan dia tahu cara menangkap 'sesuatu', tetapi Dave harus telah melakukan itu begitu lama sehingga dia ingin menavigasi ke sesuatu yang berbeda."

Saat itulah Steve mengungkapkan bahwa permainan solonya di album tersebut diambil dari demo kasar yang telah mereka eksekusi sebelum rekaman.

"Solo gitar saya? Baiklah, misalnya, saya mendemonstrasikan semua hal Skyscraper itu, dan Dave sangat menyukai solo gitar sehingga saya harus menggunakan demo solo," katanya.

"Saya tidak terlalu ingin, tapi komite (seluruh anggota band dan produser) terlibat. Dan itu bandnya David, Anda tahu, dan saya tidak punya masalah dengan itu," Steve menyimpulkan.