6 Artis Berdarah Indonesia yang Jadi Idola di Korea Selatan
Secret Number (Twitter @5ecretNumber)

Bagikan:

JAKARTA - Industri hiburan Korea Selatan selalu mencetak idola baru setiap tahunnya. Kesuksesan K-pop di kancah global membuat banyak orang ingin mencoba peruntungan dengan berkarier di negeri ginseng, salah satunya Indonesia.

Beberapa tahun belakangan, banyak idol atau artis yang berdarah Indonesia. Mereka bahkan menunjukkan identitas mereka sebagai orang Indonesia dalam berbagai kesempatan. Berikut adalah 6 artis berdarah Indonesia yang berkarier di Korea Selatan:

Dita Karang Secret Number

Dita Karang (Vine Entertainment)

Dita Karang menjadi perbincangan setelah teasernya dirilis oleh Vine Entertainment pada Mei 2020. Ia debut bersama Secret Number dengan single perdana bertajuk Who Dis dan video musiknya sudah ditonton lebih dari 45 juta.

Sebelum menjadi idol K-pop, Dita sempat bersekolah di Amerika Serikat. Ia yang menggeluti tari mengikuti audisi dari agensi K-pop. Suatu ketika ia tertarik dengan One Million Dance di Korea Selatan dan berangkat ke Korea Selatan. Kini ia sukses menjadi salah satu personil Secret Number.

Vanya Z-Girls

Potret Kece Vanya, Member Girlband KPop Z-GIRLS Asal Indonesia
Vanya Z-Girls (Zenith Media Contents)

Jauh sebelum Dita Karang, ada perempuan asal Indonesia bernama Zhavanya Meidi Hendranata. Ia menjadi salah satu anggota grup K-pop Z-Girls naungan Zenith Media Contents. Tahun 2019, Vanya debut bersama enam member dari berbagai negara lainnya dengan What You Waiting For.

Vanya yang berasal dari Yogyakarta terpilih menjadi pemenang audisi di Indonesia sebelum diberangkatkan ke Korea Selatan. Kemudian ia berlatih selama tiga bulan sebelum debut dengan Z-Girls.

Loudi 14U

Loudi (Instagram @seoulology_00)

Loudi merupakan nama panggung dari Edward Wen, pria asal Indonesia yang aktif di Korea Selatan. Ia debut bersama grup 14U pada tahun 2017 dengan lagu VVV. Dua tahun berkarier, Baekgom Entertainment menyatakan 14U resmi dibubarkan.

Selepas bubar, Loudi sempat mengungkap rencana untuk merilis album solo dengan nama panggung yang baru. Namun saat ini ia terlihat berkutat di bidang radio di mana ia menjadi penyiar untuk radio seperti KBS dan Arirang.

Mavin Z-Boys

Mavin (Z Boys) Facts | Z boys, Boy facts, Z-girls
Mavin Z-Boys (Zenith Media Contents)

Seperti Vanya, Mavin menjadi pemenang dari Indonesia untuk debut dengan grup baru Zenith Media Contents. Ia berangkat ke Korea Selatan untuk menjalani pelatihan sebelum debut bersama grup Z-Boys dengan No Limit.

Mavin juga sempat berkompetisi di ajang The Next Boy/Girl Band yang diadakan salah satu stasiun televisi lokal.

Zayyan ‘OCJ Newbies’

Muhammad Zayyan, Trainee dari Indonesia yang Akan Debut dengan OCJ Newbies
Zayyan (Twitter @OCJNEWBIES)

Muhammad Zayyan menjadi trending di media sosial setelah namanya dirilis sebagai anggota grup pre-debut OCJ Newbies. Dibentuk One Cool Jacso Entertainment, Zayyan bersama 17 trainee lainnya berlatih untuk debut.

OCJ Newbies adalah grup multinasional yang akan debut dengan 19 orang. Sebelumnya 13 orang sudah diperkenalkan yaitu Rex, Beomsu, Rio, Hyunsik, Dongbin, Austin, Ricky, Seungdae, Dabin, Chibin, C.I., Dowon, dan Kyumin. Kemudian Zayyan beserta Sing, Wain, Guohao, Sangwoo, dan Jihan diumumkan oleh agensi.

Yannie Kim

Ji Chang Wook - Yannie Kim (Instagram @yannie_kim79)

Yani Mustafa adalah perempuan asal Jakarta Timur yang menetap di Korea Selatan. Ia yang menikah dengan seorang pria asal negeri ginseng itu produktif dengan berbagai kegiatan, salah satunya menjadi cameo dalam beberapa drama dengan nama Yannie Kim.

Beberapa drama yang ia pernah mainkan adalah Yongpal, Hospital Ship, Voice 3, Dinner Mate, Strangers From Hell, serta yang terbaru If You Wish Upon Me.

Ia juga rajin membuat konten bersama beberapa influencer dan selebrita. Beberapa waktu lalu Yannie Kim terlihat berkolaborasi dengan artis Sam Hammington dan dua anaknya, Will dan Ben.

Terkait