BTS, EXO, dan Super Junior Jadi Alasan Meningkatnya Pariwisata Korea
BTS (Twitter @bts_bighit)

Bagikan:

JAKARTA - Hallyu masih menguasai pariwisata Korea Selatan. Korea Tourism Organization (KTO), organisasi menangani pariwisata Negara Ginseng itu mengumumkan hasil survei pada Kamis, 16 Juli kemarin.

Hasilnya, Hallyu atau dikenal sebagai gelombang Korea itu masih menempati urutan pertama alasan masyarakat mengunjungi Korea. Hallyu adalah sebuah kata yang berarti budaya populer Korea Selatan di Asia dan seluruh dunia.

Dalam survei yang dilakukan kepada 12.663 pengunjung antara Agustus hingga September 2019, BTS menjadi artis K-pop yang paling banyak menjadi pengaruh besar dengan perolehan 36,1 persen.

Menyusul BTS, ada EXO dengan 10,4 persen dan Super Junior dengan 8,2 persen. Selanjutnya ada BIGBANG, Shinhwa, IU, Girls’ Generation, dan TWICE. Dilansir dari Soompi, Jumat, penampilan dan musik yang mereka buat adalah aspek positif sehingga menarik penggemar untuk mengenal Korea Selatan lebih dalam.

Wajar saja jika BTS atau Bangtan Sonyeondan menerima respons besar. Beberapa tahun belakangan, mereka menguasai musik dan popularitas mereka meroket di seluruh dunia.

Di samping itu, masyarakat ini mengenal K-pop melalui YouTube sehingga 86,8 persen responden menyebut K-pop memiliki pengaruh besar atas alasan mereka pergi ke Korea Selatan.

Dalam survei itu juga ditunjukkan biaya yang responden mencapai 1 juta won. Mereka biasanya menggunakannya untuk berbelanja, membeli makanan yang berkaitan dengan artis idola mereka seperti membeli buah tangan resmi, iklan subway yang biasanya dipenuhi dengan foto idola, mengunjungi kantor agensi idola, serta kafe yang dimiliki bintang K-pop.

Jika ditotal pengeluaran turis soal berbelanja ini mencapai 1 miliar dolar pada 2019. Maka itulah sebabnya mengapa ekonomi Korea Selatan diprediksi mencapai lebih dari 2 triliun.

Pariwisata Korea Selatan menyambut baik ekonomi yang meningkat karena penggemar Hallyu ini. Jika hal ini terus berlanjut, Korea Selatan bisa mencapai keuntungan lebih besar lagi. Apakah idolamu ada dalam daftar ini?