BTS, EXO, dan GOT7 Dominasi Pembicaraan K-Pop di Twitter
BTS (Twitter @bts_bighit)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 10 tahun, Twitter menjadi tempat berkumpulnya penggemar dan artis K-pop. Untuk merayakannya, Twitter bekerja sama dengan K-pop Radar mengumumkan statistik terkait perkembangan K-pop di media sosial.

Terhitung sejak 2010 hingga 2020, lebih dari 6,1 triliun cuitan dikirimkan penggemar. Twitter juga menyebut statistik pengguna yang paling banyak menuliskan cuitan K-pop. Di urutan pertama ada Amerika Serikat, disusul dengan Jepang, Korea Selatan, Indonesia, dan Filipina.

Ada juga 10 grup yang paling banyak disebutkan dalam cuitan. BTS memimpin di urutan pertama, disusul EXO, GOT7, BLACKPINK, NCT 127, MONSTA X, SEVENTEEN, NCT Dream, TWICE, dan grup rookie Stray Kids.

Untuk lagu yang paling banyak dibicarakan, trek utama EXO yakni Obsession menjadi yang paling pertama dibahas pengguna Twitter. Kemudian ada ON, Boy With Luv, Black Swan, dan Shadow dari BTS yang menyusul di belakang.

Tidak lupa Twitter mengumumkan sejumlah grup idola baru yang mengalami peningkatan interaksi siginifikan baik dari segi pengikut maupun jumlah retweet dan like. Di sini ada Stray Kids, ATEEZ, TXT, IZ*ONE, dan SuperM.

BTS juga masih memimpin akun dengan jumlah pengikut terbanyak, yakni 28, 5 juta. Lalu ada EXO dengan 8,9 juta dan GOT7 yang diikuti lebih dari 8,5 juta.

Banyak idola K-pop yang menggunakan akun individunya untuk berinteraksi dengan penggemar. Di sini ada G-Dragon BIGBANG dengan 8,7 juta. Meskipun tergolong tidak aktif, tetapi pengikut G-Dragon terus meningkat.

Kemudian disusul oleh Choi Siwon Super Junior dengan 7,1 juta dan Nichkhun 2PM dengan 7 juta. Ternyata idola generasi kedua masih memimpin interaksi akun individu ini.

“Bahkan selama pandemi COVID-19 ketika konser K-pop, tur global dan acara dengan penggemar dibatalkan, kami belum melihat penurunan interaksi dalam #KpopTwitter,” tulis Twitter dalam pernyataan resminya.

Menurut mereka, penggemar K-pop selalu berhubungan dengan idola mereka dan menyuarakan apa yang mereka pikirkan melalui Twitter. Baik ikut ketika mendukung perilisan lagu baru sang idola atau berpartisipasi dalam gerakan seperti #BlackLivesMatter.