JAKARTA - Hallyu wave yang melanda seluruh dunia berhasil menempatkan industri K-pop sebagai daya pikat hiburan dari Korea Selatan. Mulai dari musik, drama sampai pariwisata selalu menarik untuk dibahas.
Sebagai salah satu aspek yang paling banyak digemari, genre K-pop mengeksplorasi lebih dari sekadar musik. Kehidupan pribadi hingga cara agensi mengelola artis mereka juga jadi sorotan.
Big 3 dalam musik K-pop selalu diisi oleh SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Julukan ini muncul karena ketiganya merupakan pionir berdirinya grup K-pop.
Beberapa tahun belakangan, agensi Big Hit Entertainment mengikuti jejak Big 3. Kesuksesan BTS mampu melambungkan Big Hit meraih keuntungan terbesar di antara agensi besar lainnya.
Namun, keempat agensi ini punya aturan main berbeda-beda dalam hal pembagian pendapatan untuk artis-artisnya mereka. Berikut perbandingannya.
SM ENTERTAINMENT
Artis: TVXQ, Super Junior, Girls' Generation, SHINee, EXO, Red Velvet, NCT, aespa
Durasi Kontrak: 7 tahun
Penjualan Fisik: Agensi (95%), Artis (5%)
Penjualan Fisik Terbaru: Agensi (90%), Artis (10%)
Acara: Agensi (60%), Artis (40%)
Promosi Luar Negeri: Agensi (30%), Artis (70%)
#SMTOWN LIVE WORLD TOUR VI in SEOUL
THANK YOU!π pic.twitter.com/Qiobr6UcYS
— SMTOWN (@SMTOWNGLOBAL) July 8, 2017
YG ENTERTAINMENT
Artis: Sechs Kies, BIGBANG, AKMU, WINNER, iKON, BLACKPINK, TREASURE
Durasi Kontrak: 7 tahun
Penjualan Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Penjualan Fisik Terbaru: Agensi (30%), Artis (70%)
Acara: Agensi (40%), Artis (60%)
Promosi Luar Negeri: Agensi (50%), Artis (50%)
BACA JUGA:
JYP ENTERTAINMENT
Artis: J.Y. PARK, 2PM, TWICE, DAY6, Stray Kids, ITZY
Durasi Kontrak: 7 tahun
Penjualan Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Penjualan Fisik Terbaru: Agensi (30%), Artis (70%)
Acara: Agensi (60%), Artis (40%)
Promosi Luar Negeri: Agensi (50%), Artis (50%)
BIG HIT ENTERTAINMENT
Artis: Lee Hyun, BTS, TXT
Durasi Kontrak: 7 tahun
Penjualan Fisik: Agensi (50%), Artis (50%)
Penjualan Fisik Terbaru: Agensi (30%), Artis (70%)
Acara: Agensi (50%), Artis (50%)
Promosi Luar Negeri: Agensi (30%), Artis (70%)
Big Hit Entertainment 15th Anniversary!
λΉ ννΈ μν°ν μΈλ¨ΌνΈκ° 15μ£Όλ μ λ§μ΄νμ΅λλ€.
2020λ ν ν΄λ μμ μΌλ‘ μλ‘μ κ°λμ μ€ μ μλ λΉ ννΈ μν°ν μΈλ¨ΌνΈκ° λκ² μ΅λλ€.
(https://t.co/yEwK2ielhS)#μ΄ν #λ°©νμλ λ¨ #ν¬λͺ¨λ‘μ°λ°μ΄ν¬κ²λ #LeeHyun #BTS #TOMORROW_X_TOGETHER #BH_AM pic.twitter.com/zS3hNfEEEO
— BigHit Entertainment (@BigHitEnt) February 1, 2020
Menilik daftar di atas, para agensi lebih banyak memberikan keuntungan untuk artis mereka saat melakukan promosi di luar negeri baik berupa konser atau tampil dalam acara luar negeri. Karena itu, promosi selalu dibutuhkan untuk menarik penggemar agar bisa membeli rilisan terbaru idol K-pop.