Bagikan:

JAKARTA - Vidi Aldiano alias VIDI dikenal sebagai salah satu penyanyi Indonesia yang kerap menunjukkan ketertarikannya dengan industri musik Korea Selatan, K-pop.

Awal mula ketertarikannya dengan industri K-pop bermula pada masa pandemi. Namun, ia sudah mulai mengetahui idol Korea Selatan sejak belasan tahun lalu.

“Sebenarnya K-pop di Indonesia itu udah lama banget menjamur dari zaman gue kuliah, dari Super Junior ke sini,” kata VIDI di Kasablanka, Jakarta Selatan pada Rabu, 8 November.

“Tapi kalau benar-benar ngikutinnya pas pandemi. Kayaknya banyak juga deh yang ngalamin sama kayak gua,” sambungnya.

Ketertarikan itu membuatnya ingin menggali lebih dalam soal K-pop. Meski sudah punya warna musik sendiri, ia tidak ragu untuk mempelajari ulang jenis musik yang berbeda dari apa yang dibawakannya selama ini.

“Awalnya menyukai K-pop dari lagu-lagunya aja, lama-lama gua belajar menggali dan gua makin menghargai proses di balik bagaimana mereka membuat lagu, membuat project, membuat music video-nya, membuat campaign-nya,” ujar VIDI.

“Dan di situ gua merasa industri di sana amat luar biasa besar dan detail. Itu yang gua pengin belajar. Sebagai musisi independen di Indonesia, gue butuh belajar juga,” lanjutnya.

Bagi VIDI, tidak dapat dipungkiri bahwa K-pop adalah industri musik yang sangat berhasil. Capaian tersebut dapat dilihat dari luasnya cakupan mereka ke negara-negara lain.

“Gua merasa musik-musik Korea amat sangat luar biasa global dan yang nikmatin itu nggak hanya masyarakat Korea aja tapi global market,” pungkas VIDI.

Sebagai informasi, single terbaru VIDI yang berjudul w u at? Juga diinspirasi langsung dari musik K-pop. Tidak hanya bernyanyi, VIDI juga menarikan koreografi dengan konsep yang lebih penuh warna.

Dalam lagu w u at?, VIDI juga bekerja sama dengan produser musik Korea Selatan yang telah menciptakan beberapa lagu hits dari grup idol K-pop.