Vierratale Buat Video Musik Teatrikal untuk Lagu Semua Tentangmu
Vierratale (Foto: ist)

Bagikan:

JAKARTA - Grup band Vierratale menyuguhkan karya teranyar hasil eksplorasi penampilan teatrikal serta surrealisme melalui video musik untuk single Semua Tentangmu (Orchestral Version).

Pada dasarnya Semua Tentangmu sudah pernah dirilis Vierratale pada 2011 namun setelah melewati lebih dari satu dekade grup beranggotakan Kevin, Widi, dan Raka itu memutuskan memberi sentuhan baru pada single itu dan menghadirkannya dalam bentuk versi orkestra.

“Meskipun awalnya waktu gue bikin versi pertama memang hanya sebatas untuk kekasih, pandangan gua. Tapi waktu sekarang gua bedah lagi, ternyata lagu ini nggak hanya berlaku untuk pasangan, tapi juga bisa se-universal itu. Bisa ke keluarga, sahabat, alam, bahkan Sang Pencipta," kata Raka dalam rilis yang diterima VOI, Senin, 3 Oktober.

Lagu Semua Tentangmu (Orchestral Version) sengaja dilahirkan kembali untuk memberikan pandangan lain dan perluasan makna dari karya yang sebelumnya.

Karya terbaru Vierratale itu membahas tentang cinta, penantian, kenangan, dan semua yang tidak bisa direlakan ini, dikemas dalam balutan aransemen orkestral yang membuatnya semakin bernyawa.

Dalam single ini, Kevin berperan pada pembuatan aransemen dan produksi. Berlandaskan musik klasik, ketiga anggota band itu sepakat untuk menuangkan latar referensi yang dimiliki satu sama lain ke dalam sebuah konsep musik dan juga musik video secara bersamaan.

Disutradarai oleh Bonita Rachel, Vierratale berkolaborasi dengan Production House Miura Film, pada proses produksi karya terbaru grup band pop-rock itu. Untuk video musiknya unsur-unsur surealisme diimplementasikan dalam pembuatan karya audio visual itu.

Tidak hanya perubahan dalam aransemen musik, konsep video musik dari Semua Tentangmu (Orchestral Version) sejalan menampilkan nuansa teatrikal, menambah nyawa akan karya ini semakin menyala.

Ditambah dengan menampilkan aksi panggung balet dari Widi sebagai vokalis, karya ini benar-benar menggambarkan bentuk eksplorasi dari karya terbaru Vierratale.

Selaras dengan konsep musik video, artwork cover Semua Tentangmu (Orchestral Version) dengan nuansa dongeng (fairytale) dan sureal karya Fakhrezy Kim ini juga turut memberikan kekuatan lain pada karya ini.

Dengan menampilkan sebuah karakter sebagai perwujudan dari Sang Pencipta, dan makna-makna simbolis seperti objek persegi (quantum square) di atas tangan, merepresentasikan dimensi keempat atau konsep yang erat kaitannya dengan ruang dan waktu, sebagai syarat terhubungnya manusia dengan alam semesta.

Artwork cover pada karya ini merupakan bentuk refleksi lain dari lirik lagu Semua Tentangmu (Orchestral Version) sebagai definisi berserah diri pada kehidupan dan bagaimana seseorang menyikapi perasaan yang dinamakan cinta.

“Ada karakter perwujudan Sang Pencipta yang memakai jubah warna putih gading, mahkota, perwujudan di tubuhnya sebagai alam semesta. Ada latar papan catur, 3 pintu dan 2 lukisan beserta bingkainya, jadi simbol terhubungnya manusia dengan zat ilahiah," ungkap Raka.

Video musik serta karya teranyar Vierratale itu kini sudah bisa disaksikan di kanal Youtube Vierratale. Selain perilisan video musik, single Semua Tentangmu (Orchestral Version) juga dijadwalkan akan dirilis di seluruh digital streaming platform dalam waktu dekat.

Semua Tentangmu (Orchestral Version) akan menjembatani kerinduan penggemar Vierratale sekaligus menyambut mini album grup band ini di 2023 mendatang.